Hati - hati.!!10 Dosa ini Akan menghambat Rezeki dan kesuksesan Anda

Hati - hati.!!10 Dosa ini Akan menghambat Rezeki dan kesuksesan Anda

Rezeki۔Bicara mengenai rizki ,terkadang bisa dengan mudah juga bisa dengan susah payah mendapatkanya.
Apapun Harinya ,bulan dan Tahun Rezeki sudah diatur seberapa dan bagaimana mendapatnya, rezeki tidak ada kaitan dengan hari, bulan dan tahun. Rezeki sepenuhnya adalah pemberian dari Allah. Namu adakalanya Ada yang merasa jika rezeki terasa sulit, sempit seperti terhalang untuk memperolehnya.

Allah SWT berfirman :

مَّن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Artinya :
Allah-lah yang menyempitkan dan meluaskan (rezekimu) dan kepadaNyalah kamu dikembalikan (Al-baqarah 245)

Perlu menjadi sebuah pengertian jika saat merasa rezeki begitu sulit didapat, itu bisa saja karena adanya penghalang.
Pertanyaanya apa yang bisa menghalangi kita untuk mendapatkan rezeki?
Dalam sebuah Hadits Rasulullah :

ﻋَﻦْ ﺛَﻮْﺑَﺎﻥَ، ﻗَﺎﻝَ : ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ : … ﻭَﺇِﻥَّ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞَ ﻟَﻴُﺤْﺮَﻡُ ﺍﻟﺮِّﺯْﻕَ ﺑِﺎﻟﺬَّﻧْﺐِ ﻳﺼﻴﺒﻪ

Artinya:
“Dari Tsauban bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya seseorang akan terhalang dari rezekinya karena dosa yang ia lakukan.'” (HR: Ibnu Majah)
Dari sini jelas ,jika salah satu penghalang rezeki adalah dosa yang kita perbuat
Maka Untuk yang masih meresahkan Rezeki agar jalan rezeki lancar dianjurkan untuk sering-sering beristighfar dan sebisa mungkin hindari perbuatan dosa.
Meski terkadang ada orang yang sering berbuat dosa tanpa taubat namun masih kaya, hartanya berlimpah.

terbalik dengan seseorang yang tetap beribadah ,tidak berbuat dosa tapi kenyataanya kehidupanya masih saja pas pasan.
Dari yang demikian hendaklah kita tidak perlu iri , sebab nikmat seperti itu hakikatnya adalah nikmat yang semu atau Istidraj.

Hadits Nabi :

ﻋَﻦْ ﻋُﻘْﺒَﺔَ ﺑْﻦِ ﻋَﺎﻣِﺮٍ، ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ : ﺇِﺫَﺍ ﺭَﺃَﻳْﺖَ ﺍﻟﻠﻪَ ﻳُﻌْﻄِﻲ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻌَﺎﺻِﻴﻪِ ﻣَﺎ ﻳُﺤِﺐُّ، ﻓَﺈِﻧَّﻤَﺎ ﻫُﻮَ ﺍﺳﺘﺪﺭﺍﺝ
Artinya:
"Dari Uqbah bin Amir bahwa Nabi SAW bersabda, 'jika kau melihat Allah memberi nikmat dunia -sesuai keinginannya- kepada seseorang atas perbuatan dosanya, maka hal itu adalah istidraj (kenikmatan semu yang berakhir musibah).

ﺛُﻢَّ ﺗَﻼَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ : ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﻧَﺴُﻮﺍ ﻣَﺎ ﺫُﻛِّﺮُﻭﺍ ﺑِﻪِ ﻓَﺘَﺤْﻨَﺎ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢْ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏَ ﻛُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﺣَﺘَّﻰ ﺇِﺫَﺍ ﻓَﺮِﺣُﻮﺍ ﺑِﻤَﺎ ﺃُﻭﺗُﻮﺍ ﺃَﺧَﺬْﻧَﺎﻫُﻢْ ﺑَﻐْﺘَﺔً ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻫُﻢْ ﻣُﺒْﻠِﺴُﻮﻥَ

Artinya :
"Kemudian Rasulullah SAW membaca ayat, Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa. (Al-An'am ayat 44)
Dari hadits diatas bisa kita tarik kesimpulan salah satu penyebab rezeki terasa sulit yaitu Istidraj.

Dan selain Istidraj salah satu penyebab rezeki terhalang adalah terlalu seringnya kita melakukan dosa tanpa pernah benar-benar berusaha bertaubat.
Permohonan ampun dan taubat hanya sekedar saja ,tanpa mendalami ketaubatanya.

Dosa - dosa yang kita perbuat ternyata bisa menghalangi masuknya Rezeki dari pintu - yang sudah Allah SWT berikan atau tentukan.
Apa saja Dosa yang dapat menghalangi datangnya rezeki?
10 Dosa berikut inilah yang menjadi penyebab terhalangnya rezeki :

1. Syirik .
Yang pertama dosa syirik ,dosa syirik tetmasuk dosa besar, bahkan syirik dikategorikan dosa yang begitu sulit untuk mendapatkan ampunan.
Syirik yan berarti menduakan Allah, contohnya kita percaya dengan adanya Allah akan tetapi mempercayakan nasib pada dukun atau benda-benda yang dianggap bisa mendatangkan keamanan, rezeki dan keberkahan.

Dosa syirik termasuk dosa besar dan menjadi penghalang utama masuknya rezeki . Sebagai orang muslim sudah seharusnyalah kita sandarkan segalanya ,sepenuhnya hanya kepada Allah, dengan begitu rezeki yang sudah terjanjikan menjadi lancar.

2. Meninggalkan shalat .
Dosa meninggalkan shalat wajib.
Seperti yang sudah kita ketahui
Shalat adalah ibadah wajib yang harus dilakukan 5 kali dalam sehari semalam

ﺣَﺎﻓِﻈُﻮﺍ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺼَّﻠَﻮَﺍﺕِ ﻭَﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﺍﻟْﻮُﺳْﻄَﻰٰ ﻭَﻗُﻮﻣُﻮﺍ ﻟِﻠَّـﻪِ ﻗَﺎﻧِﺘِﻴﻦَ


Artinya :
Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’. (QS. Al-Baqarah: 238)
Ancaman bagi Seorang Muslim yang meninggalkan shalat adalah terputusnya rahmat Allah, sehingga otomatis pintu rezeki tertutup.

3. Durhaka pada orang tua .

Birul walidain atau berbuat baik terhadap kedua orang tua adalah sebuah kewajiban seseorang anak terhadap orang tuanya , taat dan menghormati keduanya.
Firman Allah :

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْ إِحْسَانًا

Artinya :
"Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada ibu bapakmu.” (QS. An-Nisa:36)
Ridha orang tua adalah ridha Allah. Jika durhaka pada orang tua membuat Allah tidak ridha pada kita yang berimbas pada seretnya rezeki.

4. Berzina .
Dosa melakukan perbuatan zina.
Zina, saat ini perbuatan zina sudah sampai pada taraf mengkhawatirkan, di mana perempuan-perempuan menjajakan dirinya di sosial media, menyikap auratnya hanya untuk menarik perhatian laki-laki na'udzubika mindzalik.

Perbuatan zina secara terang-terangan merupakan perbuatan keji dan menjadi penyebab datangnya bencana untuk pelaku zina sendiri bahkan untuk suatu kaum.

Dalam Sebuah Hadits dijelaskan :
"Wahai sekalian kaum Muhajirin, ada lima hal yang jika kalian terjatuh ke dalamnya dan aku berlindung kepada Allah supaya kalian tidak menjumpainya (niscaya akan turun kepada kalian bencana): Tidaklah nampak zina di suatu kaum, sehingga dilakukan secara terang-terangan kecuali akan tersebar di tengah-tengah mereka tha'un (wabah) dan penyakit-penyakit yang tidak pernah menjangkiti generasi sebelumnya, ” (HR. Ibnu Majah).

Dalam zina terkumpul bermacam-macam dosa dan keburukan yakni berkurangnya agama pelaku zina, hilangnya sikap menjaga diri dari dosa, kepribadian buruk dan hilangnya rasa cinta kasih .
Dan janganlah sesekali mendekati zina.
Pezina akan merasakan kesusahan dalam hidup karena orang yang mencari kenikmatan sesaat yang dilarang Allah, niscaya Allah akan meberikan sebuah teguran berupa kesulitan rezeki.

5. Makan harta haram.
Sungguh Allah Maha rahman rahim, yang berhak atas segala sesuatu atas makhluknya termasuk dalam urusan rezeki, Allah akan meluas atau menyempitkan rezeki kita tergantung dari prilaku kita.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُم بَيْنَكُم بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَن تَكُونَ تِجَارَةً عَن تَرَاضٍ مِّنكُمْ وَلَا تَقْتُلُوا أَنفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

Artinya :
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.

Allah melarang memakan harta orang lain dengan jalan yang batil. Para ulama berpendapat yang dimaksud dengan jalan batil adalah memperoleh harta dari riba, perjudian, menipu orang, mencuri, khianat, saksi palsu, merampas harta dengan sumpah palsu, dan dan Hutang yang tidak dibayar juga termasuk harta haram
Harta yang haram tidak ada berkah dan akan menjadikan pemiliknya jauh dari Allah, sehingga rezekinya pun tersumbat.


6. Minum minuman keras .

Minuman keras ,Arak ,hamer dan sejenisnya merupakan salah satu larangan Allah SWT.

ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺍﻟْﺨَﻤْﺮُ ﻭَﺍﻟْﻤَﻴْﺴِﺮُ ﻭَﺍﻟْﺄَﻧْﺼَﺎﺏُ ﻭَﺍﻟْﺄَﺯْﻟَﺎﻡُ ﺭِﺟْﺲٌ ﻣِﻦْ ﻋَﻤَﻞِ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥِ ﻓَﺎﺟْﺘَﻨِﺒُﻮﻩُ ﻟَﻌَﻠَّﻜُﻢْ ﺗُﻔْﻠِﺤُﻮﻥَ

artinya :
Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.(QS:Al-Maidah 90)

Menurut Khalifah Usman ra, minuman keras adalah induk segala perbuatan keji. Jika minum sampai mabuk bisa terjerumus dalam kehinaan dan shalatnya tidak diterima selama 40 hari, serta termasuk dalam 4 golongan yang tidak dapat mencium bau surga.
Segala jenis yang memabukan adalah Haram dan salah satu penyebab disempitkanya rezeki.

7. Memutus silaturrahim

Memutus tali silaturrahim adalah sesuatu yang dibenci Allah. Allah memerintahkan kita untuk saling mengenal dan berbuat baik pada sesama.
Allah berfirman :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
ِ يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
Artinya :
"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu."(QS: An-Nisa1)

Rezeki Allah yang dijamin untuk kita bisa datang melalui orang lain.
Maka jagalah ikatan silaturrahim. sebab dengan memutus tali silaturahim sama halnya dengan memutus rezeki dan rahmat Allah.

8.Sumpah palsu .
jauhilah bersumpah palsu karena dengan bersumpah palsu akan menyengsarakan orang lain.
Persaksian palsu adalah dosa yang sangat besar. Dengannya hak-hak menjadi hilang. Juga dengan persaksian palsu orang-orang memakan harta manusia dengan cara yang batil.
Nabi SAW :

ﺃَﻟَﺎ ﺃُﻧَﺒِّﺌُﻜُﻢْ ﺑِﺄَﻛْﺒَﺮِ ﺍﻟْﻜَﺒَﺎﺋِﺮِ؟ – ﺛَﻠَﺎﺛًﺎ - ﻗُﻠْﻨَﺎ : ﺑَﻠَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﺍَﻟْﺈِﺷْﺮَﺍﻙُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ، ﻭَﻋُﻘُﻮْﻕُ ﺍﻟْﻮَﺍﻟِﺪَﻳْﻦِ . ﻭَﻛَﺎﻥَ ﻣُﺘَّﻜِﺌًﺎ ﻓَﺠَﻠَﺲَ ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﺃَﻟَﺎ ﻭَﻗَﻮْﻝُ ﺍﻟﺰُّﻭﺭِ، ﻭَﺷَﻬَﺎﺩَﺓُ ﺍﻟﺰُّﻭْﺭِ، ﻓَﻤَﺎﺯَﺍﻝَ ﻳُﻜَﺮِّﺭُﻫَﺎ ﺣَﺘَّﻰ ﻗُﻠْﻨَﺎ : ﻟَﻴْﺘَﻪُ ﺳَﻜَﺖَ

Artinya :
Maukah aku beritahukan kepadamu dosa besar yang paling besar? Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bertanya tiga kali, Kami (para Shahabat) menjawab, "Tentu, wahai Rasulullah."Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, "Menyekutukan Allah dan durhaka kepada kedua orang tua."Awalnya Beliau bersandar kemudian duduk dan bersabda, "Serta camkanlah, juga perkataan bohong dan saksi palsu ." Nabi selalu mengulanginya sehingga kami berkata (dalam hati kami), 'seandainya Beliau diam.(HR. Bukhari dan Muslim)

9. Kikir.
Rahmat Allah selalu berada bersama orang menyuburkan sedekah .
Allah berfirman :

لِيُنفِقْ ذُو سَعَةٍ مِّن سَعَتِهِ وَمَن قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنفِقْ مِمَّا آتَاهُ اللَّهُ لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا مَا آتَاهَا سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا

Artinya :
"Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezkinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya". (QS. Ath Thalaq: 7)
Tidak ada gunanya menahan-nahan harta yang bukan milik kita. Jika Allah menghendaki adalah hal yang mudah bagiNya mengambil harta yang dititipkan kepada kita.

10. Bergunjing
yaitu membicarakan perihal orang lain yang mana bila orang yang dibicarakan itu mendengar pembicaraan mengenai dirinya maka ia menjadi sakit hati dan kecewa.
Allah menegaskan bahwa orang beriman tidak saling mengejek :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ
Artinya :
"Wahai orang-orang yang beriman, janganlah mengejek suatu kaum. Jangan juga kelompok perempuan mengejek kelompok yang lain.
Orang yang suka bergunjing diibaratkan sebagai pemakan bangkai yang suka memakan bangkai saudaranya sendiri.(Q.S AL-,Hujarat:12)
Apapun jenis Usaha yang kita jalani untuk memperoleh rezeki jika masih menjalani Dosa dosa Diatas ,niscaya kesuksesan tidak akan permah menghampiri, maka usahakan dengan sekuat hati agar selalu menghindari dosa dosa diatas. Dan Allah SWT pasti dengan segala janji _Nya.


Demikian tadi 10 Dosa yang bisa menghambat atau mempersempit jalan rezeki kita, semoga kita adalah orang-orang yang senantiasa menjaga diri dan keluarga dari 10 Dosa besar di atas, agar yang Maha Rahman Rahim senantiasa berkenan mencurahkan rezekiNya pada kita.
baca juga :Menjadi Generasi Muda Islami yang hebat
Aamiin Ya Rabbal'alamin

0 Response to "Hati - hati.!!10 Dosa ini Akan menghambat Rezeki dan kesuksesan Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel