Inilah 8 Sumber rezeki manusia yang sudah pasti dan dijanjikan Allah.

Inilah 8 Sumber rezeki manusia yang sudah pasti dan dijanjikan Allah.
Manusia diciptakan Allah SWT, diturunkan dibumi sebagai khalifah ,masing masing sudah dibekali dengan rezekinya sesuai jatah, itu adalah janji Allah dan memang sudah menjadi ketentuan setiap yang ada di muka bumi ini dijamin rezekinya oleh Allah SWT.

Namun perlu kita ketahui semua bahwa rezeki yang sudah terbagi bagi sesuai dengan porsi serta kemampuan setiap indifidu , bukanlah tanpa perantara sama sekali .
Dan bentuk dari rezeki tersebut bukanlah hanya berupa materi namun juga berupa kesehatan, keselamatan, dan memiliki saudar atau teman baik juga termasuk dalam kategori rezeki yang Allah beri.
Berikut ada 8 Hal yang menjadi jalan atau perantara sumber rezeki tersebut.

1.Sumber Rezeki karena Usaha
Sumber rezeki yang pertama terletak pada usahanya.
Berusaha adalah salah satu dari cara memperoleh rezeki.
Ada sebuah kata mutiara yang berbunyi “Bergeraklah, karena dalam gerakan terdapat barokah”, dalam kalimat penyemangat tersebut mengajarkan kepada manusia untuk bekerja keras untuk mendapatkan apa yang dimimpikan.

Dan sebuah peribahasa jawa yang berbunyi "ora ongkek ora nyekek" yang artinya tidak bergerak /bekerja maka tidak makan / tdak mendapat rezeki.
Tentu saja hanya orang yang akan bekerja yang akan menerima upah, Allah juga berfirman bahwa manusia akan mendapatkan sesuatu bila melakukan sesuatu.

وَاَنْ لَيسَ لِاِنسَانِ مَا سَعَ

"Dan bahwasanya seseorang manusia tidak memperoleh (apa-apa), selain apa yang telah di usahakannya” (QS. An Najm: 39)

2. Rezeki Karena Syukur.
Sumber rezeki kedua adalah Rezeki karena Bersyukur, bersyukur adalah salah satu wujud dari ketaatan manusia terhadap Rabbnya.
Bersyukur atas nikmat rezeki,nikmat sehat ,nikmat waktu dan nikmat iman.

Setelah kita mendapatkan apa yang kita usahakan, baik itu berupa kesehatan ,peluang atau rezeki entah kecil atau besar kita wajib mensyukurinya, karena dibalik ungkapan syukur tersebut Allah hadirkan sumber rezeki manusia. Berterima kasih atau bersyukur kepada Allah maka Allah akan menambah rezeki kita.

وَاِذ تَاَذَّنَ رَبُكُم لَءن شَكَرْتُم لَاَزِ يدَنَّكُم

"Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu"(QS. Ibrahim: 7)

3. Rezeki yang telah dijamin
Sumber rezeki berikutnya adalah Rezeki yang Telah dijamin, bahwadanya Allah Swt, menjamin setiap mahluknya dengan pembagian rezeki.

Allah berfirman dalam surat Hud ayat 6 yang berbunyi:

وَمَامِن دَابَّةٍ فِي الْاَرْضِ اِلا علی اللّه رِزقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَهَا وَمُستَوْدَعَهَا كلٌّ في كِتَابٍ مُبِيْنٍ

"Dan tidak ada suatu binatang melatapun dibumi, melainkan Allah yang memberi rezekinya dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat peyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)”. (QS. Hud: 6)

Bahwa  ayat diatas adalah bukti keagungan Allah .
Allah SWT memelihara segala sesuatu yang diciptakan-Nya, bahkan binatang-binatang yang paling terkecil dan tersembunyi kehidupannya.
 Dia-lah Allah yang Maha Menciptakan dan Maha Pemelihara ciptaan-Nya.
Dengan cara  meyakini dan mensyukuri bahwa Allah sudah Menjamin Rezeki manusia maka rezeki kita akan bertambah.

4. Rezeki karena Istighfar
kemudian sumber Rezeki karena Istighfar, seperti yang sudah kita ketahu dengan banyak istighfar, mengakui segala dosa dan meminta ampunan pada Allah ,akan mendatangkan rezeki.

Dalam Al Qur’an Al Karim Allah berfirman:
اَسْتَغْفِرُوا رَبَكُم اِنَّهُ كَانَ غَفَارًا
يُرسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِدْرَارًا

"Mohonlah ampunan (Beristigfar) kepada Tuhanmu, sungguh Dia Maha Pengampun (10) Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu (11)”. (QS. Nuh: 10-11)

Seperti yang telah Kita ketahui bahwa yang rezeki bukan  hanya berbentuk  harta atau materi semata, melainkan segala sesuatu yang menyimpan dan  bermanfaat bagi manusia, seperti yang termaktub dalam ayat di atas, Allah akan memberkahi orang-orang yang senantiasa memohon ampun kepada-Nya.
Salah satu sebab yang mnjadikan sulitnya rezeki datang kepada manusia meskipun sudah terjanjikan adalah dosa, lewat istighfar inilah Allah akan mengampuni setiap dosa dan menurunkan hujan sebagai rezeki yang berkah.

5. Rezeki karena sadakah.
Sumber rezeki karen sedekah, bahwa dengan bersedekah akan menabah rezeki yang kita dapat.
Banyak kita jumpai dalam firman ataupun hadits Rasulullah yang menjelaskan tentang keutamaan bersedekah, yang salah satunya adalah melipatgandakan rezeki.

sebagaimana firman Allah :

مَنْ ذَاالّذِي يُقْرِضُ اللّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَا عِفَهُ لَهُ اَضْعَفًا كَثِرَةً وَاللّه يَقْبِضُ  وَيَبْسُطُ وَاِلَيهِ تُر جَعُون

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjamanan yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak.
Dan Allah yang maha menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan”. (QS. Al Baqarah: 245)

penjelasanya ialah Barangsiapa yang menyimpan rezekinya di jalan Allah, seperti bersedekah, berinfak, membantu orang lain, mengamalkan ilmu dan mengajarkanya kepda orang yang belum tahu , Sesungguhnya Allah akan melipatgandakan rezeki tersebut dengan berkali-kali lipat.
Baca Juga:10 Pahala menyayangi dan menyantuni anak yatim

6. Rezeki karena Menikah.
Sumbet Rezeki karena Menikah
Sumber rezeki karena menikah , kebanyakan dari kita seperti tidak meyakini sumber rezeki yang ini,
Sebab Banyak orang yang beranggapan untuk menikah seseorang harus mapan terlebih dahulu, punya ini dan itu sehingga menjadikan beberapa pihak tertunda bahkan tidak bisa melakukan perintah Allah yang Mulia. Padahal menikah adalah salah satu sumber rezeki bagi manusia, dengan menikah masnusia akan semakin dekat dengan rezeki yang berkah. 

Dalam Q.S AN-NUR Allah berfirman:

وَاَنْكِححُوا الاَيَامی منكُم وَالصَّالحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاءكُم ان يَكُونوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللّه منْ فَضْلِهِ وَاللّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

"Dan nikahkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (nikah) dari hamba-hamba sahayamu laki-lelaki dan hamba-hamba sahayamu perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. An Nur: 32)

sudah jelas, tegas dan pasti bahwa Allah SWT akan memberikan karunia-Nya kepada orang yang menikah. Dengan kata lain orang yang menikah akan lebih mudah mencari rezeki serta akan lebih kaya dari sebelum menikah.

7. Rezeki karena Keturunan / Anak.
Sumber Rezeki karena Anak
Anak merupakan anugrah terindah dari Allah yang diberikan kepada mereka yang menjalankan perintah-nya yakni menikah. Ada sebagian orang yang mengganggap anak hanya akan menambah beban hidup ini adalah anggapan yang salah.
Anak adalah sumber rezeki bagi manusia, mengutip dari peribahasa jawa jika "sugih anak sugih rejeki" semakin banyak anak, makin  banyak rezekinya.

Adalah salah jika beranganggapan anak hanya akan menjadikan miskin seseorang, karena setip anak yang lahir keduni sudah membawa rezekinya sendiri dan Allah lah yang akan memberi rezeki kepada semua ciptaan-Nya.
Allah berfirman:
وَلاَ تَقْتُلُو اَولَادَكُم خَشْيَةَ اِمْلَاقٍ نَحْنُ نَرْزُقُهُم وَاِيَّاكُم انَّ قَتْلَهُم كَانَ خِطْیً كَبِرا

"Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin, Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar”. (QS. Al Isra’ : 31)

Perlu diketahui, bagi umat islam memiliki banyak anak sangat di cintai oleh Rasulullah, sebagaimana sabanya, “Nikahilah perempuan yang penyayang dan dapat mempunyai anak banyak, karena sesungguhnya aku akan bangga dengan sebab banyaknya kamu di hadapan para Nabi nanti di hari kiamat”. (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban)

8. Rezeki tak terduga.
Sumber Rezeki tak terduga
Sumber rezeki manusia yang terakhir dalam artikel ini adalah rezeki yang Allah datangkan dari mana saja yang Dia kehendaki (tak terduga). Rezeki ini tentunya tidak didapat oleh semua orang, tapi hanya untuk orang-orang yang senantiasa mendekatkan diri kepada Allah, bertaqwa kepda-Nya dan selalu berusaha menjadi hamba-Nya yang taat.

Allah SWT berfirman :

 وَمَنْ يَتَقِ اللّهُ يجْعَل لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقهُ منحَيثُ لايَحْتَسِبُ 

Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya” (QS. At Thalaq: 2)
semoga kita semua mampu mendapatkan rezeki berlimpah yang manfaat dan diberkahi  oleh Allah swt.

*Catatan
Jangan sampai kita mencela Allah atau ber su'uddzlan terhadap rezeki yang sudah ditentukan Allah, Hanya karena setelah bekerja keras namun tidak mendapatkan harta/uang yang kita impikan, Kita harus selalu menyadari jika kita masih diberikan kesehatan dan kecukupan hidup.
Janganlah sampai kita kufur nikmat baca:Hukum dan bahaya kufur Nikmat, namun bersyukurlah karena dengan bersyukur juga akan menjadi sebab turunya rezeki.
Allah senantiasa memberikan apa yang kita butuhkan .

Ingatlah, sesungguhnya kita memerlukan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.

Allah yang Maha Pemelihara, selain menciptakan seluruh alam semesta juga memelihara ciptaan-Nya.
Allah menciptakan manusia , Dia juga mencukupi segala kebutuhannya termasuk semua rezekinya, dari lahir sampai mati nanti, Allah sudah tetapkan rezeki setiap manusia.

Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang menempatkan rezeki dibeberapa tempat ,dan sudah dijanjikan bagi seluruh Umatnya di Dunia.
Dan Bahwasanya setiap rezeki yang kita dapat sudah diatur oleh Allah dengan sedemikian rupa,tidak akan tertukar dan tidak akan hilang kecuali kita tidak menyedekahi / mengeluarkan zakat dari rezeki yang kita dapat.

Demikianlah pembahasan tentang  8 Sumber rezeki manusia yang sudah pasti dan dijanjikan Allah.
semoga mnjadikan kita selalu bersyukur atas nikmat ,sehingga Allah SWT pun selalu menambah nikmat bagi kita semua,,,
Aamiin.

0 Response to " Inilah 8 Sumber rezeki manusia yang sudah pasti dan dijanjikan Allah."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel