Doa kafarotul majalis atau Doa pentup majelis beserta Arab Latin Dan Artinya

Doa kafarotul majalis atau Doa pentup majelis beserta Arab Latin Dan Artinya.

Doa penutup Majelis atau doa kafarrotul majalis.
Sudah menjadi hal yang lumrah bagi Manusia sebgai makhluk sosial ,yang tentunya tidak bisa terlepas dari berkumpul dengan lainya ,entah itu dalam hal bermusyawarah ,pengajian ,atau acara kumpul keluarga besar sekalipun.
Atau bagi kalangan para santri pndok pesantren maupun murid madrasah selepas belajar mengkaji ilmu pastilah selalu diakhiri dengan doa penutup majelis.

Bagi kaum Muslimin sudah barang tentu tidak asing lagi dengan doa Doa kafarotul majalis yang akan kami bahas kali ini.
Tentuya dalam segala kegiatan kita dianjurkan untuk mengetahui adab adabnya ,sehingga kita bisa saling menghargai satu sama lainya.

Dan Adab bagi mereka yang mau mengakhiri atau menutup sebuah pertemuan atau perkumpulan ialah dengan membaca doa sebagai berikut :

Doa Penutup Majelis

سبحَ نكَ اللهمَّ وَابحَمدك ـ اسهد ان لا اله الا انت اشتَغفرُكَ وَاتُبُ اليك

SUBHAANAKALLAAHUMMA WA BIHAMDIKA, ASYHADU AL-LAA ILAAHA ILLAA ANTA, ASTAGHFIRUKA, WA ATUUBU ILAIIK.

Artinya :
" Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memujiMu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada- Mu."

Kalimat doa di atas berdasar dari hadits yang diriwayatkan An-Nasa'i , yaitu :

"Dari Aisyah Radhiallahu'anha, dia berkata: "Setiap Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam duduk di suatu tempat, setiap membaca Al-Qur’an dan setiap melakukan shalat, beliau mengakhirinya dengan beberapa kalimat."

Aisyah Radhiallahu'anha berkata: Aku berkata: "Wahai Rasululllah! Aku melihat engkau setiap duduk di suatu majelis, membaca Al-Qur’an atau melakukan shalat, engkau selalu mengakhiri dengan beberapa kalimat itu."

Beliau bersabda: "Ya, barangsiapa yang berkata baik akan distempel pada kebaikan itu (pahala bacaan kalimat tersebut), barangsiapa yang berkata jelek, maka kalimat tersebut merupakan penghapusnya.
(Kalimat itu adalah:

سبحنك وَابِحَمدكَ لااله الّا انتَ استَغفرك وَ اَتُبُ اليك

Subhaanaka wa bihamdika laa ilaaha illaa anta astaghfiruka wa atuubu ilaiik).

Dalam hadits lainnya :
Dari Abu Barzah Al-Aslami, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata di akhir majelis jika beliau hendak berdiri meninggalkan majelis, 

“Subhanakallahumma wa bihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik .

Artinya:
Maha Suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau dan aku meminta ampunan dan bertaubat pada-Mu).”
Ada seseorang yang berkata pada Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, engkau mengucapkan suatu perkataan selama hidupmu.” Beliau bersabda, "Doa itu sebagai penambal kesalahan yang dilakukan dalam majelis." (HR. Abu Daud dan Ahmad).

Keutamaan ketika kita membaca doa penutup majelis ialah akan diampuni dosa dari kata-kata yang sia-sia, guyonan, ketidakhormatan terhadap yang lebih tua, tidak terjaganya adab-adab di dalam majelis tersebut.

Allah SWT yang Maha Rohman rohiim memberikan kesempatan kepada hamba-nya untuk dapat memohon dan diampuni dosa dosa kecil di dalam majlis tersebut.

Sehingga saat kita mengahiri dan meninggalakaan majelis atau perkumpulan tersebut kita telah dibersihkan dari dosa dosa kecil yang tidak disengaja.

Waktu membacanya di akhir sebelum majelis itu ditutup.
Boleh dibaca keras atau pelan ,sering juga dibaca bersamaan dan diahiri dengan membaca shlawat atas Nabi Muhammad SAW.

Demikian sekelumit pembahasan tentang doa penutup majelis atau doa kafarotul majalis yang sedikit bisa kami sampaikan ,kurang dan lebihnya kami mohon maaf,dan semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua Amin Ya Robbal ' Alamin.

Akhirul qaulii
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Response to "Doa kafarotul majalis atau Doa pentup majelis beserta Arab Latin Dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel