Niat Sholat istiharah dan Tata Cara serta Doa Sholat istiharah sesuai Sunah Nabi.

Niat Sholat istiharah dan Tata Cara serta Doa Sholat istiharah sesuai Sunah Nabi.


Istiharah.
Hidup adalah sebuhah pilihan,terkadang untuk menentukan sebuah pilihan Kita diselimuti rasa bimbang dan keraguan,Agama kita  Islam memberikan kemudahan dan Nabi kita Muhamad SAW meberikan kita contoh saat Kita mengalami kondisi bimbang Untuk menenntukan sebuah pilihan,contohnya saat kita harus menentukan jodoh,pekerjaan,menentukan sebuah bisnis baru atau bahkan ketika hendak bepergian.
21peluang bisnis dan ide bisnis yang patut anda coba di 2019
Tentunya kita mengharapkan
mendapatkan jawaban yang tepat,sehingga tidak ada rasa bimbang dan ragu dalam menentukan sebuah pilihan.
Maka dari  itu Untuk menentukan dan mendapatkan yang terbaik Kita disunahkan  Untuk melaksanakan  sholat istiharah sesuai dengan Sunah Nabi SAW.
Bukankah manusia adalah mahkluk yang lemah dan terbatas dalam segala hal. Karenanya, sudah sepatutnya kita menyerahkan segala urusan kita kepada Allah dalam membuat pilihan yang terbaik menurut pengetahuan-Nya.
Banyak manusia yang membuat pilihannya berdasarkan pengetahuan mereka yang terbatas, dan pada akhirnya, banyak pula dari mereka yang menyesal sesudahnya.
Allah telah mengingatkan di Al Quran dalam surah Al Baqarah ayat 216
ﻭَ ﻋَﺴٰۤﯽ ﺍَﻥۡ ﺗَﮑۡﺮَﮨُﻮۡﺍ ﺷَﯿۡﺌًﺎ ﻭَّ ﮨُﻮَ ﺧَﯿۡﺮٌ ﻟَّﮑُﻢۡ ۚ ﻭَ ﻋَﺴٰۤﯽ ﺍَﻥۡ ﺗُﺤِﺒُّﻮۡﺍ ﺷَﯿۡﺌًﺎ ﻭَّ ﮨُﻮَ ﺷَﺮٌّ ﻟَّﮑُﻢۡ ؕ ﻭَ ﺍﻟﻠّٰﮧُ ﯾَﻌۡﻠَﻢُ ﻭَ ﺍَﻧۡﺘُﻢۡ ﻟَﺎ ﺗَﻌۡﻠَﻤُﻮۡﻥَ
Artinya:
“Boleh jadi, kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi (pula) kamu menyukai semua, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah ayat 216).
Baik menurut kita, belum tentu baik menurut Allah, sedangkan baik menurut Allah sudah pasti baik untuk kita. Walaupun kebaikan itu tidak atau belum tampak oleh kita.
Kenyataannya, banyak hal yang sebelumnya kita anggap buruk atau tidak baik, namun pada akhirnya kita mendapatkan perkara itu baik untuk kita. Sungguh, kebaikan itu tidak bisa diukur dengan hanya menggunakan akal manusia yang terbatas.
Kebaikkan itu tidak harus tampak dan dapat kita rasakan dengan segera. Kebaikkan adalah sesuatu yang bersangkutan dengan masa depan yang jauh, tidak hanya untuk hari ini atau saat ini saja. Kebaikan adalah sesuatu dari Allah.
Rasulullah bersabda:
“Sungguh, Allah akan memberi keberkahan pada seseorang yang banyak berdoa dalam hajat yang diinginkannya, baik Allah memberi apa yang dimintanya atau mencegahnya.” (HR.Baihaqi dan al-Khatib).
Dan, sebaik-baik doa adalah shalat. Maka dari itulah, Islam menisyaratkan shalat khusus untuk meminta petunjuk, yaitui dengan melakukan shalat Istiharah.
Shalat Istikharah adalah shalat untuk meminta petunjuk dari Allah mengenai apa yang terbaik bagi diri kita di masa mendatang baik menyangkut urusan dunia dan agama.
Tata cara sholat istikharah hampir sama dengan tata cara sholat sunah lainya.
Adapun Waktu yang lebih utama untuk melaksanakan Sholat istiharah adalah pada malam hari tepatnya disepertiga ahir malam.

Tata Cara serta Doa Sholat istiharah sesuai Sunah Nabi SAW.

 Tata Cara melaksanakan sholat istiharah ialah sama seperti sholat sunah biasa terdiri dari dua rokaat salam.
Yang mnjadi pembeda adalah doa setelah melaksanakan sholat istiharah
Niat sholat istiharah dan doa sholat istiharah sebagai berikut

Niat sholat istiharah:

 اصلی سنّةَاْلإستخاَرةِ رکعتین للّه تعال اللّٰهُ اکبر

Usholii sunnatal istiharati rok'ataini lillahi ta'ala Allohu akbar

Artinya:
Aku niat sholat sunah istiharah dua rokaat karena Alloh.Allohu akbar.

•Rokaat pertama dalam sholat istiharah Stelah mebaca surat Al-Fatihah membaca surat Al-kafirun.
•Rokaat kedua dalam sholat istiharah setelah membaca surat Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlas .
kemudian setelah selesai shalat istiharah diteruskan dengan
 bacaan
Doa setelah Sholat Istiharah:

اللّهم انّی استخیرك بعلمك واستقدرك بقدرتك واسلك من فضلك العظیم فإنك تقدر ولا اقدر وتعلم ولااعلم وانت علام الغیوب ۔
اللهم انکنتَ تعلم انّ هذا الامر(sebutkan permasalahan) خیرٌلی فی دینی ومعا شی واعاقبةامری فقدره لی ویسره لی ثم برك لی فیه وان کنت تعلم انّ هذا (sebutkan permasalahan)شرٌلی فی دینی ومعاشی واعاقبةامری فصرفه عنِّ فاصرفنی عنه واقدرلی الخیر حیث کان ثمَّ ارضنی به۔

Allohumma inni astakhiruka bi'ilmika wa astaqdiruka biqudrotika wa asaluka min fadhlikal 'adhim fainnaka taqdiru wala aqdiru wata'lamu wala a'lamu wa anta 'alamul ghuyub .
Allohumma in'kunta ta'lam anna hadzal amro(sebutkan permasalahan )khoirulli fii dinii wama'asyi wa 'aqibatu amrii faqdirhu lii wayassirhu lii tsumma barik lii fihi wa in'kunta ta'lamu anna Hadzalamro(sebutkan permaalahan) syarrun lii dinii wa ma'asyii wa 'aqibatu amrii fashrifhu 'anni fashrif nii 'anhu waqdir liilkhoiro haitsu kana tsumma rodhinii bih.

Artinya:
Ya Alloh Hamba mohon Agar Engkau Memilihkan dengan sifat Ilmu_Mu,Dan Hamba mohon kemampuan pada_Mu dengan sifat Qudrot_Mu dan Hamba mohon Anugrah pemberian_Mu yang besar.
Karena sesungguhnya Engkaulah Maha kuasa sedang Hamba tidak kuasa,Engkau maha mengetahui Hamba tidak mengetahui,Engkau Maha mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi.
Ya Alloh Bahwasanya Engkau mengetahui sekiranya ini adalah yang lebih baik bagi hamba,pada Agama dan penghidupan hamba dan baik pula akibatnya bagi hamba,maka berikanlah perkara ini bagi hamba dan mudahkanlah ia bagi hamba dan berikanlah keberkahan didalamnya.
Ya Alloh Bahwasanya Engkau mengetahui sekiranya hal ini tidak baik bagi hamba,Agama dan penghidupan hamba,maka jauhkanlah hal ini dari hamba dan jauhkan hamba darinya,dan berikanlah kebaikan dimana saja hamba berada jadikan Hamba orang yang rela akan Anugrah_Mu.
*catatan:
sholat istiharah dilakukan berulang - ulang sampai mendapatkan titik terang hingga mndapat solusi dari permasalahan atau jawaban yang anda harapkan.
Cara lain pengganti Shalat Istiharah:
Untuk mendapat petunjuk atau jawaban dari permasalahan ataupun pilihan Hidup selain melakukan Shalat Istiharah Anda Juga bisa melakukan Cara Istiharah sebagai berikut:
Bada shalat maktubah atau shalat Wajib Ambilah Alquran kemudian buka Halaman ALquran sekenanya , lalu hitunglah dari halaman yang Anda buka lagi hingga lembar ke delapan ,bacalah ayat ke tujuh dari halaman tersebut ,jika Anda menemukan Huruf خ(kho) lebih banyak dari huruf ش (Syin) itu bertanda baik untuk Anda namun jika sebaliknya , itu bertanda buruk maka lebih baik anda tinggalkan.
jika tidak menemukan salah satu huruf kho dan ssyin ulanglah dari awal.
dan jika menemukan kedua huruf tersebut sama jumlahnya dalam satu Ayat kembali ulangi .

انشاء اللہ
segala sesuatu yang menyebabkan keragu- raguan akan dapat menemukan jawaban dengan melakukan sholat istiharah dan membaca doa setelah sholat istihroh  ataupun dengan cara membaca Alquran sebagai pengganti shalat Istiharah.aaaamiin namun jika keragu - raguan itu malah semakin menjadi maka lebih baik anda tinggalkan.
baca juga artikel Kami sebelumnya;tata cara sholat hajat dengan fadilahnya
Demikian Tata Cara serta Doa Sholat istiharah sesuai Sunah Nabi SAW dan Cara Lain sebagai pengganti shalat istiharah.
Semoga segala permasalahan atau keragu raguan dalam khidupan anda dapat mudah dan cepat terberikan jawaban serta solusi yang terbaik.
Terimakasih,semoga kita selalu diberi keridloan Alloh SWT .aamiin.

0 Response to "Niat Sholat istiharah dan Tata Cara serta Doa Sholat istiharah sesuai Sunah Nabi."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel