Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Tahajud hingga Doa Yang Mustajabah Saat Sholat Tahajud menurut Sunah Nabi

  • Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Tahajud hingga Doa Yang Mustajabah Saat Sholat Tahajud menurut Sunah Nabi
Shlat sunah Tahajud ialah Sholat sunah yang dikerjakan pada waktu Malam Hari.
Rokaat yang dianjurkan dua rokaat sampai sebanyak - banyaknya artinya tidak ada batasan dalam melaksanakan sholat sunah Tahajud ini.

Waktu dan tata cara sholat sunah Tahajud yang benar 

Sehabis Sholat Isya Sampai terbitnya Fajar adapun waktu yang di anjurkan ialah di spertiga malam yang Akhir.
Tata Cara dan Syarat dilakukanya Sholat sunah Tahajud adalah sesudah bangun dari Tidur malam,sekalipun tidur sebentar,Apabila dikerjakan sebelum tidur,maka tidak ada sholat Tahajud baginya namun hanya Sholat Sunah biasa seperti sholat sunah witir dan lainya.

keterangan yang lain dari
Hadits Nabi SAW agar menjadikan sholat sunah hajat sebagai Amalan rutin.

Hadits Nabi SAW :

تَنزلُ ربّنا الی سمآءالدّنیا حینا بیقٰ ثلثُ الیل الاَخیر فیقول؛ هل من داعٍ فاسستجب له .هل من ساٸل فاعطیه .هل من مستغفر فاغفرله .حتی یطلع الفخر.

Artinya:
Perintah Alloh turun kelangit dunia di spertiga ahir dari waktu malam lalu berseru;Adakah Orang-orang yang memohon(berdoa) pasti akan dikabulkan_Nya .
Adakah Orang yang meminta pasti akan dibberikan padannya.Adakah Orang yang mengharap atau memohon Ampunan pasti Akan di Ampuni_Nya sampai tiba Waktu subuh.(H.R:Buhari dan Muslim).

Fadilah dan Keutamaan Sholat Sunah Tahajud
Sholat Tahajud adalah sholat yang sangat di Anjurkan atau sholat sunah muakadah.
sedang fadilahnya Antara lain adalah menjunjung deajat seseorang,mengampuni dosa - dosanya dan mengabulkan segala hajatnya.

Firman Alloh SWT:

ومن الیل فتهجد به نافلةً لك عسٰٓ ان یبعثك ربك مقاما محمودًا

Waminallaili Fatahajjad bihi Naafilatan laka 'asaaa ayyab 'atsaka robbuka maqooman mahmuudan.
Artinya:
 Hendaknya engkau gunakan sebagian Waktu Malam itu untuk Sholat Tahajud ,sebagai sholat sunah untuk dirimu ,Mudah - mudahan Tuhan akann membangkitkan engkau dalam kedudukan yang baik(QS:Bani Israil:79).

Adapun Tata cara dan bacaan Niat sholat Tahajud adalah sebagai berikut:
Niat Sholat Sunah Tahajud;

اصلی سنّة التهجّد رکعتین للّه تعال۔اللّهُ اکبر

usholii sunatat_tahajjudi rok'ataini lillahi ta'ala _ Alloohuakbar.

Arttinya:
 aku niat sholat sunah Tahajud dua rokaat karena Alloh _ Allohuakbar.

Selesai Menjalankan Sholat Tahajud bacalah Doa Tahajud

•Doa sholat Tahajud:

ربنآاٰتنا فی الدنیا حسنه وفی الاخرةِ حسنه واقنا عذالنار

Robbana atina fidunya hasanah wafil ahiroti khasanah waqina 'Adzabannar.

Artinya:
YaAlloh Tuhan Kami,Berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan diakherat  dan hidarkanlah kami dari Api Neraka.

Tata cara dan bacaan Doa sholat Tahajud yang di baca Nabi Muhammad Rosululloh SAW ketika Beliau Bangun Tidur ditengah Malam kemudian bertahajud dan di anjurkan membaca Doa mustajabah doa Nabi Muhamad SAW,yang tertulis dalam hadits Buhari adalah seebagai berikut;

•Doa Sholat Tahajud Nabi Muhammad SAW:

اللهم لك الحمد انت قیّم السموات والارض ومن فیهنّ.ولك الحمد لك ملك السموات والارض ومن فیهنّ ولك الحمد نور السموات والارض والك الحمد انت الحق ووعدك الحقُّ ولقاءك  حق وقولك حق والجنةالحق والنر الحق وانبیون حق ومحد صل الله علیه واسلم حق  والسّاعة حق۔اللهم لك اسلمت وبك امنت وعلیك تواکلت والیك انبت وبك خاصمت والیك حاكمت فاغفرلی ما قدمت واماقدمت وما اخرت وما اسررت وما اعلنت انت المقدم وانت المٶخر لا اله الا انت او لااله غیرك ولا حول ولا قوّت الّا باللّه٠

Allohuma lakalhamdu anta Qoyyimussamawati wal ardi waman fihinna walakal hamdu laka mulkussamawati wal ardi waman fihinna walakal hamdu nurrusamawati walardi walakalhamdu nurrusamawati wal ardi walakal hamdu antal haqqu wawa'dukal haqqu,waliqo uka haqqun,wa qouluka haqqun,wa jannatu haqqun,wannaru haqquun,wa nabiyuna haqqun,wa Muhammadun sholallohu 'alihi wasalamu haqqun,wasya'atu haqqun.
Allohumma laka aslamtu,wa biika amantu,wa 'alaika tawakaltu,wa ilaika anabtu,,wabika khasamtu,wailaiika hakamtu,faghfirli ma Qodamtu,wama akhirotu,wama asrortu wama A'lantu, Antal muqodimu wa antal muakhiru,la illaha illa anta au la illa ha illa ghoiruka wala khaulawala quwata illa billah.

Artinya:
Ya Alloh bagiMu segala puji Engkaulah penegak langit dan bumi dan Alamm semesta serta segala isinya.BagiMulah segala puji .Engkau raja penguasa langit dan bumi .Bagimulah segala puji pemancar cahaya Langt dan bumi.
BagiMulah sgala puji Engkau lah yang Hak,janjiMu adalah benar,dan perjumpaanMu adalah Hak,dan FirmanMu adalah benar , dan surga adalah Hak dan Neraka Aalah Hak ,dan Nabi-Nabi itu adalah hak benar,dann Nabi Muhammad SAW adalah benar,dan saat hari Kiyamat itu Benar.
Ya Alloh  kepadaMu kami berserah diri (bertawaqal) kepada Engkau jualah kami kembali dan kepaMu kami rindu,dan kepada Engkaulah kami berhukum, 
ampunilah Kami atas kesalahan yang telah kami lakukan danbyang sebelumnya baik yang kami  sembunyikan maupun yang kami nyatakan,
Engkaulah Tuhan yanng terdahulu dan Tuhan yang terahir.Tiada Tuhan selain Engkau Alloh robbil 'alamin Tiada daya dan kekuatan melaikan atas pertlonganMu.
Setelah membaca doa Tahajud di Atas lanjutkan dengan dzikir Istighfar sebanyak - banyaknya.

•Bacaan Istighfar Nabi Muhammad SAW setelah sholat tahajud;

اللهم انت ربّی لااله الا انت خلقتنی وانا عبددك وانا علی عهدك ووعدك مااستطعتُ اعوذبك من شرّما صنعت ابو ءلك بنعمتك علیَّ وابوء بذنبی فاغفرلی لی فإنّه لا یغفرالذنب الّاانت

Allohuma anta robbi la illaha illa anta kholaqtanii wa ana 'abduka ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mas tato'tu a 'audzubika min syarri ma shona'tu abuu ulaka bini'matika 'alayya wa abuu_u bidanbi faghfirli fainahu yaghfirudzunuba illa anta.

Artinya:
Ya Alloh Engkaulah Tuhan kami tiada Tuhan melainkan Engkau,Engkau dzat yang menciptakan kami,dan kami Adalah HambaMu ,kami dalam ketentuanMu,serta janjiMu sedapat yang kami lakukan ,kami mohon pelinduganMu darikejahatan apa saja yang kami lakukan,kami mengakui kenikmtan yang telah Engkau limpahkann kepada kami,dan kami mengakui akan dosa kami,karena itu berikanlah Ampunan kepada kami sebab tidak ada yang  memberi ampunan kecuali Engkau sendiri.

Tata car dan Doa yang dianjurkan untuk di amalkann saat melaksanakan  sholat Tahajud sesuai sunah Nabi SAW setelah berdoa lanjutkan berbaring kembali sambil membaca Ayat Kursi,surat Al-Ikhlas,surat Al-Falaq dan surat An-Nas.

Demikian tadi Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Tahajud hingga Doa Yang Mustajabah Saat Sholat Tahajud menurut Sunah Nabi.
semoga menjadi sebuah Renungan jika Nabi SAW saja rutin melaksanakan sholat Tahajud,semoga kita dapat Mentauladani Nabi SAW.
اللهم صلی علی سیدن محمد
Mari bertahajud.

0 Response to "Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Tahajud hingga Doa Yang Mustajabah Saat Sholat Tahajud menurut Sunah Nabi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel