Doa saat Merayakan Hari Ulang Tahun dan ucapan doa Ulang Tahun.

Doa saat Merayakan Hari Ulang Tahun dan ucapan doa Ulang Tahun.

Siapa yang tidak tahu Hari Ulang Tahun,kebanyakan diantara kita sering menemui orang atau sahabat yang merayakan hari ulang tahun dan kita saling mengucapkan selamat ulang tahun,alangkah lebih baiknya jika ucapan ulang tahun kita ganti dengan mendoakan.


Merayakan ulang tahun seperti sudah  menjadi Sebuah budaya baru yang berkembang ditengah masyarakat,adalah budaya merayakan hari Ulang Tahun,yang pada era sebelumnya Ulang Tahun bukanlah Hal yang wajib diperingati atau dirayakan,kalaupun dirayakan hanya sebatas berdoa dan puasa dihari lahir.

Budaya merayakan Hari Ulang Tahun memakai acara tiup lilin yang notabenya adalah budaya dari bangsa barat
Seperti kita ketahui itu adalah ibadah kaum nasrani dalam memperingati hari kelahiran Yesus Kristus.
Rosululloh pernah Bersabda:

"Barang siapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk kaum itu" (H.R: Abu Daud).

Jika melihat konteks hadits di atas maka jelas bagi yang merayakan ulang tahun secara berlebihan atau mengikuti budaya non islam bisa jadi sudah keluar dari kaidah akidah Islam.

Baca juga:Doa agar memiliki pikiran cerdas dan mudah paham

Dalam Hal Ulang Tahun, yang perlu kita ketahui dan yang perlu kita pahami adalah sebuah pengertian bahwa semakin berkurangnya usia maka haruslah kita bermuhasabah dengan memperbanyak doa dan amal kebaikan agar semakin bertambahnya usia,maka pahala pun juga semakin meningkat.

Pada jaman dahulu Orang yang merayakan Ulang Tahun hanya sebatas berpuas lalu Tumpengan  dalam bahasa Jawa biasa disebut "TINGALAN"  Yang berisi dengan amalan puasa dihari kelahiran dan berdoa.

Namun tradisi Merayakan ulang Tahun kini berganti menjadi semacam pesta.
sebenarnya tidak ada yang salah dari yang demikian,namun alangkah lebih baiknya jika tidak berlebihan saat merayakan hari ulang tahun,dan kita sebagai umat Islam tidak meninggalkan tradisi berdoa saat merayakan Ulang Tahun atau hari kelahiran.

Berikut akan kami bagikan sebuah Doa yang di Anjurkan dibaca saat merayakan hari Ulang Tahun.



Doa Saat Merayakan Hari kelahiran Atau Ulang Tahun

Doa merupakan sebuah Harapan yang kita ucapkan melalui lisan dan dan hati.
Meskipun dalam memberikan ucapan selamat ulang tahun di perbolehkan, alangkah lebih baik kita mendoakan dengan doa - doa ulang tahun yang sudah diajarkan oleh ulama - ulama terdahulu.

Doa panjang Umur dan doa agar diselamatkann dari perbuatan buruk:

اَللّٰهُمَ طَوِلْ اَعْمَارَنَا وَصَحِّحْ اجْسَادَنَا وَانَوِرْ قُلُوبَنَا وَثَبِّتْ اِيمَانَنَا وَاَحْسِنْ اَعْمَالَنَا وَوَسِعْ اَرْزَاقَنَا وَاِلَی لْخَيرِ قَرِبْنَا وَعَنِ الشَّررِ اَبْعِدْناَ وَاقْضِ حَوَا ءِجَنَا فِي الدِّينِ وَا لدّنْيَا والاَخِرَةِ اِنَكَ عَلَی كُلِ شَیءٍ قَدِيرٌ.

ALLOHUMMA THOWIL A'MARONA WASHOHIH AJSADANA WANAWIR QULUBANA WATSABIT IMANANA WA AHSIN A'MALANA WA WASI' ARZAQINA WAILAL KHOIRI QORIBNA WA 'ANII SYARI AB'IDNA WAQDZI HAWAIJANA FIDDINI WADUNYA WAL AKHIROH.
INNAKA 'ALA KULLI SYAIIIN QODIR.

Artinya:
Ya Alloh panjangkanlah umur kami,sehatkanlah badan kamii,terangkanlah hati kami,tetapkanlah iman kami,dekatkanlah kebaikan pada kami,dan jauhkanlah keburukan dari kami,tunaikanlah hajat kami dalam agama,dunia dan akherat.
sesungguhnya Engkau maha kuasa atas segala sesuatu.

Doa ulang tahun untuk keselamatan dan pengampunan dosa:

ﺍَﻟﻠﻬُﻢَّ ﺍِﻧَّﺎ ﻧَﺴْﺄَﻟُﻚَ ﺳَﻼَﻣَﺔً ﻓِﻰ ﺍﻟﺪِّﻳْﻦِ ﻭَﻋَﺎﻓِﻴَﺔً ﻓِﻰ ﺍﻟْﺠَﺴَﺪِ ﻭَﺯِﻳَﺎﺩَﺓً ﻓِﻰ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ ﻭَﺑَﺮَﻛَﺔً ﻓِﻰ ﺍﻟﺮِّﺯْﻕِ ﻭَﺗَﻮْﺑَﺔً ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﻤَﻮْﺕِ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔً ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟْﻤَﻮْﺕِ ﻭَﻣَﻐْﻔِﺮَﺓً ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻤَﻮْﺕِ

Allohuma inna nasaluka salamatan fid daini wa 'afiyata dil jasadi wa ziyadatan fil 'ilmi wa baraktan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rahmatan indalmauti wa maghfirtan ba’dal mauti.

Artinya:
Ya Alloh kami mohonkan kepada-Mu keselamatan agama,kesejahteraan tubuh,penambahan ilmu,rezeki yang berkah,bertaubat sebelum mati,rahmat ketika mati,dan pengampunan setelah kematian.

Doa atau Ucapan pendek untuk yang sedang berulang tahun :

"Barrakallah fi Untuk"

Yang Artinya : semoga keberkahan ada dalam umurmu.

Baca juga :Keutamaan Shalawat Munjiyat untuk Anak yang baru lahir

  • kiranya demikianlah sedikit ulasan tentang Doa dan ucapan saat merayakan hari ulang tahun.

semoga menjadi sebuah pengingat untuk kita sekalian agar selalu menjaga tradisi dan akidah Islam.
Baca juga:Kumpulan Doa para Nabi dan Rasul

7 Keutamaan Doa dan 4 Janji Allah bagi Orang yang rajin berdoa
Artikel tentang Doa saat merayakan ulang tahun kali ini hanyalah sebatas yang kami tahu,jika ada kesalahan penulisan atau mengena pada pribadi saudara sekalan kami haturkan maaf sebesar - besarnya,terimakasih

0 Response to "Doa saat Merayakan Hari Ulang Tahun dan ucapan doa Ulang Tahun."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel