Niat Sholat Taubat Nasuha,Tata Cara,Waktu dan Doa Sholat Taubat Nasuha.

Niat Sholat Taubat Nasuha,Tata Cara,Waktu dan Doa Sholat Taubat Nasuha.

Memperbaiki Diri bertaubat,Memohon Ampunan Atas segala Dosa - dosa dan kesalaha kepada Alloh SWT.
Momen pergantian tahun dan momen saat merayakan ulang tahun seharusnya diisi dengan niat baik kedepan sebuah resolusi untuk diri memperbaiki diri , menyesali segala dosa yang sudah diperbuat dengan CaraTubat Nasuha,Apa itu Taubat Nasuha?
Taubat menurut arti bahasa adalah berhenti melakukan perbuatan - perbuatan melanggar syariat Islam yang berdampak buruk pada kehidupan sekeitar.
Taubat Nasuha Adalah Pemurnian Taubat,Memohon Maaf kepada sesama dan Memohon Ampunan kepada Alloh SWT.
Tentunya harus disertai tekad untuk tidak mengulangi segala Kesalahan dan Dosa.

Anjuran Rosululloh SAW untuk melaksanakan Sholat Taubat dalam sebuah Hadits;

ما من الرجلٍ یذنب ذنباً ثمّ یقوم فیتطر ثم یصلی ثم یستغفرالله الاغفر له ثم قراء هده الایة ؛ “وَالَّذِیْنَ اذَا فعَلُوْافَاحشَةًاَوظَلَمُوْٓانفُسهُم ذَکرُواللّه فاستغفرُو لِذُنوبهم ومن یَّغْفرُ الذّنوبَ الّااللّٰه ولم یصرّواعلی مافعلوا وهم یعلمون ” اولٓٸك جزٓاءهم مغفرة من ربهم وجنّاتٌ تجری من تحتهاالا نهار خالدین فیها۔

maa min rojuin yudnibu dzanban tsumma yaqulu faya tathoharhu tsumma yusholii tsumma yastagfirulloh illa ghofarolahu lahu tsuma yaqulu hadzihil ayati:
"waladzina idza fa'aluu fahisyatan audlolamu a'fusahum dzakarulloh fastagfaru lidzunu bihim wamayaghfiru dzunuba illalloha walam yushirru  'ala maa fa'aluu wahum ya'lamuuna" ulaaika jazaauhum maghfirotun mirrobbihim wajannatu tajrii min tahtihal anhar kholidzina fiiha.

Artinya:
Setiap Orang yang berbuat Dosa , kemudian egera berwudhu kemudian sholat,lalu memohon Ampunan kepada Alloh,pasti Alloh akan memberi ampunan kepadanya,kemudian bacalah ayat ini:
"Mereka yang pernah berbuat keburukan/kejahatan atau berbuat dosa terhadap dirinya sendiri lalumereka ingat akan Alloh,terus memohon Ampunan atas segala dosanya .siapa pula yang bisa mengampuni segala Dosa kalau bukan Alloh,sesudah itu Mereka Insyaf dan menyadari dan tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa seperti yang sudah sudah" maka mereka akan diganjar dengan satu pengampunan Alloh dan akan diberikan pahala syurga yang dibawahnya mengalir air sungai - sungai nun,disanalah tempat mereka Abadi.(H.R: Abu Dawud,Nasai dan Ibnu Majjah dan Imam Bayhaqi).
*sumber hadits buku kumpulan Hadits Soheh

setelah Menyimak Hadits di atas,bagaimana Tata Cara sholat Taubat Nasuha yang benar,lengkap dengan niat,waktu,Doa,dan bacaanya?
Ulama terdahulu menyarankan jika Sholat Taubat Nasuha dilakukan pada Malam Hari sebaiknya di sepertiga malam yang ahir dan dikerjakan sendiri.
Adapun Tata Cara Sholat Taubat Nasuha dilakukan Dua Rokaat sampai Empat Rokaat,setiap Dua Rokaat salam.

•Tata Cara Sholat Taubat Nasuha:

1.Niat Sholat Taubat Nasuha.
Bacaan Niat Sholat Taubat Nasuha:

 اصلی سنة التوبة ركعتین للّه تعال الله اکبر

Usholii sunatataubati rok'ataii sunatallillahi ta'ala Alohu akbar.
Artinya:Aku niat sholat sunah taubat dua rokaa karena Alloh ta'ala.Allohu akbar.

2.Takbirotul ikhrom.
3.Membaca Doa Iftitah.
4.Membaca surat Al-Fatihah.
5.Membaca surat dar Al-Qur'an(di Anjurkan baca Al-Ikhlas 7 kali).
6.Ruku(membaca Tasbih ruku)
7.I'tidal(membaca doa i'tidal)
8.Sujud(membaca tasbih sujud,tiga kal)
9.Duduk diantara dua sujud(membaca Istighfar lengkap)
10.Sujud kedua.
11.Rokaat kedua(sama seperti Rokaat pertama
12.Tasyahud Akhir(Membaca doa Tasyahud ahir)
13. Salam.
14.Berdoa Mohon Ampunan.

•Bacaan Doa Sholat Taubat Nasuha.

Sebenarnya tidak ada bacaan khusus dalam sholat Taubat Nasuha namun ada yang Menganjurkan membaca surat AlIkhlas sebanyak 7 kali setelah mebaca Al-fatihah.

Bacaan Doa sholat Taubat Nasuha 1:

استغفرالله العظیم الذی لااله الا هوالحیّ القیّوم واتوب الیه توبةً عبد ظالم یملك لنفسه ضرّا ولانفعا والاموت ولا حیاة ولانشورًا۔

astagfirulloh halazim alladi la illa hailla hual hayyul Qoyyum wa aatubuu ilaih taubatan 'abdidzolimin la yamliku linafsihi dhorron wala naf'an wla mautan wala hayatan wala nusyuron.

Artinya:
Hamba memohon Ampunan kepada Alloh yang maha agung,Dzat yang tidak ada Tuhan Melainkan Alloh Tuhan yang maha hidup dan kekal.
Hamba memohon Taubat kepada-Nya,Taubat seorang Hamba yang banyak dosa,yan tida mempunyai daya upaya berbuat mudarat atau manfaat untuk mati ataupun hidup maupun ketika dibangkitkan kembali.

Bacaan Doa sholat Taubah Nasuha 2:

اللهم انت ربّی لاالهالا انت۔خلقتنی وانا عبدك وانا عهدك ووعدك مااستطعت اعوذبك من شرّما صنعت ابوءلك بنعمتك علیّ وابوءُبذنبی فاغفرلی فانه لایغفر الذنوب الاّانت۔
Allohuma anta robbi la ilahaila anta kholaqtani wa'abduka wa ana 'ala 'ahdi wawa'dika mastato'tu a'udzubika min syarrima shona'tu abu ulaka bini'matika 'alayya wa abuu u bidanbii faghfirli fa inahu layaghfiru dzunuba illa anta.

Artinya:
Ya Alloh Engkaulah Tuhan kami Tiada Tuhan selain Engkau,
Engkau yang telah menciptakan kami,
Dan Aku Hmba-Mu ,Dan Saya dalam ketentuan serta janji-Mu,sedapat mungkin Aku lakukan ,Aku mohon berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang Engkau ciptakan,dengan nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan,dengan dosa dosaku karena itu berilah Aku ampunan sebab tidak ada yang mampu memberi ampunan kecuali Engkau.

2.Setelah Melaksanakan Sholat Taubat Nasuha atau Bertekad Untuk bertaubat,Hendaklah bersedakah,mungkin ada diantara Saudara -saudara yang hendak besedekah bisa lewat Web:
www.baitijannati.id
Dan yang terpenting adalah Menjaga diri dari mengulangi perbuatan dosa dan melanggengkan untuk selalu berbuat baik terhadap sesama dan beruaha untuk selalu taqorub ilalloh mendekatkan diri kepada Aloh SWT.

0 Response to "Niat Sholat Taubat Nasuha,Tata Cara,Waktu dan Doa Sholat Taubat Nasuha."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel