8 KEUTAMAAN MEMBACA SURAH AL- IKHLAS DENGAN TASMIYAH(BISMILLAHIRAHMANIRRAHIIM)

8 KEUTAMAAN MEMBACA SURAH AL- IKHLAS DENGAN TASMIYAH(BISMILLAHIRAHMANIRRAHIIM)KAJIAN ISLAMI


Surat AL - Ikhlas merupakan salah satu surah di dalam Alquran.
Surah Al-Ikhlas adalah surah ke-112 dalam al-Qur'an.

Surah Al ikhlas tergolong surah Makkiyah, terdiri atas 4 ayat dan pokok isinya adalah menegaskan keesaan Allah sembari menolak segala bentuk penyekutuan terhadap-Nya.

Surah Al ikhlas, adalah salah satu Surah yang kita hafal dan paling sering kita baca.

Surat AL- Ikhlas adalah surah Tauhid.

Meski surah ini tergolong surah pendek, ternyata memiliki keutamaan dan manfaat yang sungguh luar biasa besar.
Hingga menjadi wajar jika surat ini kerap dijadikan Dzikir sehari - hari agar bisa mendapat keistimewaan surah ini .
Rasulullah Saw pernah bersabda tentang keutamaan surah Al-Ikhlas.

Dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu dia berkata :
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

ﻭَﺍﻟَّﺬِﻱ ﻧَﻔْﺴِﻲ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﺇِﻧَّﻬﺎ ﻟَﺘَﻌْﺪِﻝُ ﺛُﻠُﺚَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ

“Demi (Allah) yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya surah al-Ikhlas sebanding (dengan) sepertiga al-Qur’an”.

Hadits diatas menunjukkan tingginya kedudukan surah al-Ikhlas dan Besarnya ketamaan surat Al-ikhlas bagi orang yang membacanya dengan ikhlas karena Allah , karena surah ini mengandung nama-nama Allah yang maha indah dan sifat-sifat-Nya yang maha sempurna.

Sehingga, siapa saja yang membaca dan menghayati surah ini dengan seksama berarti dia telah mengagungkan dan memuliakan Allah.

Oleh karena itu, dalam hadits shahih lainnya, Rasulullah SAW ketika mendengar berita tentang seorang shahabat yang senang membaca surah ini karena sifat-sifat Allah yang dikandungnya, beliau bersabda :
"Sampaikanlah kepadanya bahwa Allah mencintainya"

Dinamakan surat al-Ikhlas karena mengandung tauhid (pengkhususan ibadah kepada Allah semata-semata), sehingga orang yang membaca dan merenungkannya berarti telah mengikhlaskan hidup dan agamanya untuk Allah semata.

Salah satu waktu terbaik membaca surat ini adalah di waktu pagi dan petang.
Pada waktu ini, kita dianjurkan membaca surat al Ikhlas bersama dengan surah muaw’idzatain (surat Al Falaq dan surat An Naas) masing-masing sebanyak tiga kali.
Keutamaan yang diperoleh adalah akan dijaga dari segala sesuatu (segala keburukan).

Dari Mu’adz bin Abdullah bin Khubaib dari bapaknya ia berkata :

ﺧَﺮَﺟْﻨَﺎ ﻓِﻰ ﻟَﻴْﻠَﺔِ ﻣَﻄَﺮٍ ﻭَﻇُﻠْﻤَﺔٍ ﺷَﺪِﻳﺪَﺓٍ ﻧَﻄْﻠُﺐُ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻟِﻴُﺼَﻠِّﻰَ ﻟَﻨَﺎ ﻓَﺄَﺩْﺭَﻛْﻨَﺎﻩُ ﻓَﻘَﺎﻝَ ‏ ﺃَﺻَﻠَّﻴْﺘُﻢْ ‏ . ﻓَﻠَﻢْ ﺃَﻗُﻞْ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﻓَﻘَﺎﻝَ ‏ﻗُﻞْ ‏ . ﻓَﻠَﻢْ ﺃَﻗُﻞْ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﺛُﻢَّ ﻗَﺎﻝَ ‏ ﻗُﻞْ ‏ . ﻓَﻠَﻢْ ﺃَﻗُﻞْ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﺛُﻢَّ ﻗَﺎﻝَ ‏ﻗُﻞْ ‏. ﻓَﻘُﻠْﺖُ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻣَﺎ ﺃَﻗُﻮﻝُ ﻗَﺎﻝَ ‏( ﻗُﻞْ ﻫُﻮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺃَﺣَﺪٌ ‏) ﻭَﺍﻟْﻤُﻌَﻮِّﺫَﺗَﻴْﻦِ ﺣِﻴﻦَ ﺗُﻤْﺴِﻰ ﻭَﺣِﻴﻦَ ﺗُﺼْﺒِﺢُ ﺛَﻼَﺙَ ﻣَﺮَّﺍﺕٍ ﺗَﻜْﻔِﻴﻚَ ﻣِﻦْ ﻛُﻞِّ ﺷَﻰْﺀٍ 

Artinya :
Pada malam hujan lagi gelap gulita kami keluar mencari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk shalat bersama kami, lalu kami menemukannya. Beliau bersabda, "Apakah kalian telah shalat?" Namun sedikitpun aku tidak berkata-kata. Beliau bersabda, "Katakanlah"
Namun sedikit pun aku tidak berkata-kata.
Beliau bersabda, "Katakanlah".
namun sedikit pun aku tidak berkata-kata. Kemudian beliau bersabda, "Katakanlah".
Hingga aku berkata, "wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan?"

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "atakanlah (Bacalah surah al-ikhlas) QUL HUWALLAHU AHAD DAN QUL A’UDZU BIRABBINNAAS DAN QUL A’UDZU BIRABBIL FALAQ ketika sore dan pagi sebanyak tiga kali, maka dengan ayat-ayat ini akn mencukupkanmu (menjagamu) dari segala keburukan."(HR. Abu Daud dan An Nasai).

Surah Al -Ikhlas yang Menjelaskan tentang Sifat Allah yang Maha Mulia.
Apa Saja kandungan dari Surat Al Ikhlas?
Berikut kami sampaikan Kandungan Surah Alikhlas :

KANDUNGAN SURAT AL IKHLAS DAN AZBABU NUZUL
AYAT PERTAMA ( ﻗُﻞْ ﻫُﻮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺃَﺣَﺪٌ )
Berkata I’krimah, ketika yahudi berkata : "kami beribadah kepada Uzair anak Allah” Nasharo berkata "kami beribadah kepada Al masih (Isa bin Maryam)", berkata majusi (penyembah api) kami "beribadah kepada matahari dan bulan".

Dan orang-orang musyrikin berkata "kami beribadah kepada berhala."Maka Allah turunkan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam :
قل هوالله احد

Maknanya Dialah Allah yang satu yang tidak ada sebanding denganNya, tidak ada pembantu bagi Allah, tidak ada yang setara dengan Allah, tidak ada yang serupa dan tidak ada yang sama dengan Allah. Pada lafadz diatas tidak ditetapkan pada selain Allah. Namun ditetapkan hanya pada Allah saja. Dikarenakan Allah sempurna pada seluruh sifat dan perbuatannya. (lihat tafsir Ibnu Katsir)

AYAT KEDUA 
( ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟﺼَّﻤَﺪُ )

Maknanya adalah Allah Subhanahu wata’ala memiliki kesempurnaan sifat yang mulia yang seluruh makhluk meminta seluruh kebutuhan dan keinginan pada Allah. Allah adalah pemimpin. Dan Allah tidak makan dan tidak minum, dan Allah maha kekal.
Dari keterangan diatas, sudah semestinya kita sebagai Hamba Allah, ketika berpengharapan hanya kepada Allah saja.

Hendaknya kita meminta hanya kepada Allah saja, tidak meminta kepada apa dan siapa selain Allah SWT.
Karena sejatinya do’a adalah ibadah yang ditujukan  hanya kepada Allah Subhanahu wata’ala .

Berdoa lah  kepada Allah dan menjauhi perkara-perkara yang dilarang Allah maka ingsya Allah do’a kita akan dikabulkan.
Sebagaimana Allah berfirman :

ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺳَﺄَﻟَﻚَ ﻋِﺒَﺎﺩِﻱ ﻋَﻨِّﻲ ﻓَﺈِﻧِّﻲ ﻗَﺮِﻳﺐٌ ﺃُﺟِﻴﺐُ ﺩَﻋْﻮَﺓَ ﺍﻟﺪَّﺍﻉِ ﺇِﺫَﺍ ﺩَﻋَﺎﻥِ ﻓَﻠْﻴَﺴْﺘَﺠِﻴﺒُﻮﺍ ﻟِﻲ ﻭَﻟْﻴُﺆْﻣِﻨُﻮﺍ ﺑِﻲ ﻟَﻌَﻠَّﻬُﻢْ ﻳَﺮْﺷُﺪُﻭﻥَ

“Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdo’a kepadaKu. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepadaKu agar mereka memperoleh kebenaran.” ( Al- Baqaroh: 186).

AYAT KETIGA
 ( ﻟَﻢْ ﻳَﻠِﺪْ، ﻭَﻟَﻢْ ﻳُﻮﻟَﺪْ )

Maknanya adalah Allah tidak butuh anak, tidak butuh orang tua atau istri.
Disebabkan sempurnanya kekayaan Allah Subhanahu wata’ala Dan dikarenakan tidaklah sesuatu yang dilahirkan melainkan akan mati dan dan tidaklah sesuatu yang mati melainkan diwarisi (orang lain).

Sebagaimana hadits dari Abu A’liyah secara mursal:
"Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan dikarenakan tidaklah sesuatu yang mati melainkan akan diwarisi (orang lain), dan Robb kita tidak mati dan tidak akan mewariskan, tidak ada yang setara, sama dan sebanding bagi Allah.
(Hadits riwayat Tirmidzi).
Dan sesungguhnya pujian Allah tidak akan musnah dan tidak akan diwarisi.

AYAT KEEMPAT 
( ﻭَﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﻟَﻪُ ﻛُﻔُﻮًﺍ ﺃَﺣَﺪٌ )

Maknanya adalah tidak ada yang serupa dan setara dengan Allah, tidak ada sesuatu apapun yang sama dengan Allah, tidak sama pada nama-nama Allah, tidak pula pada sifat-sifatNya, dan tidak pula sama dengan perbuatan-perbuatan Allah. Dan Maha suci Allah sehingga pantaslah Allah tiadakan / menolak adanya bapak atau anak atau yang semisal dengan Allah.

Sumber : kitab tafsir Ibnu Katsir
Di terangkan dalam kitab Duratunasihin ,Surah Al-ikhlas memiliki beberapa Keutamaan yang begitu luar biasa.

Baca juga :

Surat Al - Ikhlas yang terdiri dari 4 ayat akan sempurna jika dibaca dengan Tasmiyah (Bissmillahirrahmanirrahiim)
Berikut 8 Keutamaan surat al ikhlas yang kami tulis ulang dari kitab Duratun Nasihin.

KEUTAMAAN SURAT AL IKHLAS :

1.  SURAT AL IKHLAS SEBANDING DENGAN SEPERTIGA AL QUR’AN .

Dalam hadits dari Abu Darda’ dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam :

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﺍﻟﺪَّﺭْﺩَﺍﺀِ، ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ، ﻗَﺎﻝَ : ‏ ﺃَﻳَﻌْﺠِﺰُ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﺃَﻥْ ﻳَﻘْﺮَﺃَ ﻓِﻲ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ ﺛُﻠُﺚَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﻭَﻛَﻴْﻒَ ﻳَﻘْﺮَﺃْ ﺛُﻠُﺚَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ؟ ﻗَﺎﻝَ : ‏ﻗُﻞْ ﻫُﻮَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺃَﺣَﺪٌ ﺗَﻌْﺪِﻝُ ﺛُﻠُﺚَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ

“Apakah salah seorang dari kalian mampu membaca sepertiga Al Qur’an dalam satu malam? Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : Sebanding dengan sepertiga Al Qur’an” (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim dan ini lafadz Muslim).

Maksud dari surat Al Ikhlas adalah sepertiga Al Qur’an bukanlah kita mencukupkan baca surat Al Ikhlas tiga kali kemudian tidak membaca surat-surat yang lain yang ada dalam Al Qur’an.
Namun maksud sebanding sepertiga Al Qur’an adalah didalam Al Qur'an disebutkan tiga hal yaitu :

PERTAMA: Kisah-kisah
KEDUA: Hukum-hukum
KETIGA: Sifat-sifat Allah.

Pada surat Al Ikhlas ini hanya disebutkan sifat-sifat Allah saja sehingga sebanding dengan sepertiga Al Qur'an. Dan juga dikatakan maknanya pahala yang membacanya dilipat gandakan sekedar atau sebesar pahala orang yang membaca sepertiga Al Qur'an.
Dalam al quran juga terdapat surat yang mewakili atau inti dari alquran yaitu :Keutamaan dan fadhillah surat al-fatihah

2. SIAPA YANG MEMBACANYA MAKA BAGINYA SURGA .

Di dalam hadits dari Abu Hurairah berkata aku bersama Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wasallam bertemu seseorang yang sedang membaca Maka Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
"Telah ditetapkan bagimu, maka laki-laki itu bertanya, apa yang telah ditetapkan bagiku wahai Rasulullah. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda Jannah (surga)". (H.R Tirmidzi, An nasa'i).

3. SIAPA YANG BERDO’A DIDAHULUI DENGAN PENYEBUTAN SIFAT ALLAH YANG ADA DALAM SURAT INI MAKA ALLAH KABULKAN DO’ANYA .

Di dalam hadits diriwayatkan dari Abdullah bin Buraidah al Aslami dari bapaknya:

ﻋﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺑﺮﻳﺪﺓ ﺍﻷﺳﻠﻤﻲ ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ ﻗﺎﻝ ﺳﻤﻊ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺭﺟﻼ ﻳﺪﻋﻮ ﻭﻫﻮ ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺇﻧﻲ ﺃﺳﺄﻟﻚ ﺑﺄﻧﻲ ﺃﺷﻬﺪ ﺃﻧﻚ ﺃﻧﺖ ﺍﻟﻠﻪ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺃﻧﺖ ﺍﻷﺣﺪ ﺍﻟﺼﻤﺪ ﺍﻟﺬﻱ ﻟﻢ ﻳﻠﺪ ﻭﻟﻢ ﻳﻮﻟﺪ ﻭﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻟﻪ ﻛﻔﻮﺍ ﺃﺣﺪ ﻗﺎﻝ ﻓﻘﺎﻝ ﻭﺍﻟﺬﻱ ﻧﻔﺴﻲ ﺑﻴﺪﻩ ﻟﻘﺪ ﺳﺄﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺎﺳﻤﻪ ﺍﻷﻋﻈﻢ ﺍﻟﺬﻱ ﺇﺫﺍ ﺩﻋﻲ ﺑﻪ ﺃﺟﺎﺏ ﻭﺇﺫﺍ ﺳﺌﻞ ﺑﻪ ﺃﻋﻄﻰ
“Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mendengar seseorang berdo’a yang dia ucapkan adalah Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepadaMu dengan aku bersaksi bahwasanya Kau adalah Allah tidak ada Ilah yang berhak di ibadahi dengan benar melainkan Kau zat yang satu, zat yang semua makhluk meminta kepadaMu, zat yang tidak beranak dan tidak diperanakkan dan tidak ada yang setara dengannya.

Maka nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
"Demi zat yang jiwaku berada ditanganNya. Sungguh laki-laki ini telah meminta kepada Allah dengan namaNya yang Agung yang apabila seseorang berdo’a dengan sifat-sifat ini maka Allah kabulkan dan apabila meminta dengan menyebutkan sifat-sifat-Nya maka Allah berikan"
(HR Ibnu Majah, Tirmidzi).

Surat Al Ikhlas ini dibaca oleh Rasulullah
Shallallahu 'alaihi wasallam dishalat sunah sebelum subuh dirakaat kedua, pada shalat sunah sebelum magrib dirakaat kedua, shalat setelah thawaf dirakaat kedua, Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wasallam juga membacanya ketika witir.

4. DIJAUHKAN DARI BERBUAT DOSA

Dari Ali bin Abi Thalib RA berkta, Nabis SAW bersabda :

من قرأ  { قل هوالله احد} بعد صلاة الغد عشرمرات لم يصل اليه ذنب وانجهدهالشيطن
Artinya :
Barang siapa Membaca (Qulhu allahu ahad) sepuluh kali sesudah shalat pagi (subuh) maka tidak akan ampai kepadanya suatu dosa ,meskipun setan telah berusaha dengan sunguh sungguh .

5.MENDAPAT PAHALA MATI SYAHID

Membaca surat Al-Ikhlas sekali memiliki keutamaan meapat pahala seperti pahalanya orang mati syahid.
Rasulullah bersabda :
من قرأ سورة - قل هوالله احد - مرة واحدة اعطاه الله تعالى من الاجركمثل اجر مائة شهيد
Artinya :
Barang siapa membaca Surat qulhuallahushamad(surat Al -ikhlas ) maka Allah SWT memberikan pahala padanya seperti pahalanya seratus orang yang mati syahid.

6. DIAPUNI DOSANYA DAN DOSA KEDUA ORANG TUA DAN MENJADI PENGHAPUS KESENGSARAAN.

Keutamaan Surat Al- Ikhlas berikutnya yaitu dengan membaca Surat Al ikhlas ,maka dapat memnghapus Kesengsaraan / celaka di masayang akan datang .
Diterangkan dalam sebuah Hadits :

من قرأ سورة الاحلاص فى الفرائض غفرالله له ولوالديه ومحا اسمه من ديوان الاشقياء وكتبه فى ديوان السعداء
Artinya :
Barang siapa membaca Surat Al Ikhlas didalam beberapa shalat fardlu maka Allah ta'ala mengampuni dosanya dan dosa kedua orang tuanya serta Allah Akan menghapus Namanya dari buku catatan orang - orang yang celaka/sengara ,serta menulisnya dibuku catatan Orang Orang yang bahagia.

7. MEMBACA SURAT AL-IKHLAS SEBANDING DENGAN MEMBACA AL-QURAN (KHATAM)

Membaca surat Al ikhlas 3 kali beserta Bismillahirahmanirrahim ,memiliki keutamaan seperti membaca Alquran keseluruhan (khatam)
Dari Anas Bin Malik RA ,Nabi SAW bersabda :

ومن قرأ ها ثلاث مرات مع التسميه فكأنما قرأ القرآن كله.
Artinya :
Barang siapa membaca surah Al- ikhlas beserta bismillah tiga kali maka ia seperti membaca Al-quran seluruhnya.

8. MENDAPAT AMPUNAN DOSA SELAMA 50 TAHUN

Diterangkan dalam sebuah Hadits :

من قرأ قل هوالله احد مع التسميه غفرالله ذنوب خمسين سنة
Artinya :
Barang siapa membaca Qul huwAllahuahad dengan Tasmiyah (bismillahirahmanirahiim)maka Allah mengampuni dosa dosa Orang itu selama 50 tahun.
(Terjemah Durratunasihin)

•Catatan :
Keutamaan - keutamaan yang terdapat pada surat al ikhlas , bisa kita peroleh hanya jika kita mampu menjalankan seluruh perintah Allah SWT.
Allah SWT Maha Berkehendak.
Wallahu 'alam.

Demikianlah kandungan surat Al Ikhlas dan 8 Keutamaan membaca surat al ikhlas dengan bismillahirahmanirahiim (Tasmiyah )
Semoga tulisan diatas bisa dipahami dan diamalkan.
semoga mendapat Ridha Allah SWT.
Aamin ya Rabbal 'Alamiin.

0 Response to "8 KEUTAMAAN MEMBACA SURAH AL- IKHLAS DENGAN TASMIYAH(BISMILLAHIRAHMANIRRAHIIM)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel