Hukum Puasa Ramadhan Tanpa Shalat Tarawih Puasa Tapi Tidak Shalat Tarawih

Hukum Puasa Ramadhan
Tanpa Shalat Tarawih
Puasa Tapi Tidak Shalat Tarawih
Beberapa Hari lagi Ramadhan segera tiba, sebagai umat muslim selayaknya kita merasa bahagia menyambut bulan ramadhan karena bulan ramadhan memiliki beberapa keistimewaan dan keutamaan dibanding bulan-bulan lainnya.
11 Keutamaan dan keistimewaan Bulan suci Ramadhan
Pada bulan ramadhan kita diwajibkan untuk berpuasa atau yang kita kenal dengan puasa ramadhan dan malam harinya kita melaksanakan ibadah shalat tarawih.
Lalu bagaimanakah hukumnya jika berpuasa namun tidak melaksanakan shalat tarawih pada malam harinya?
Berikut penjelasan tentang Hukum puasa Ramadhan namun tidak shalat Tarwih :

Shalat Tarawih tergolog dalam shalat sunah,Qiyamu lail(shalat malam)
seperti Shalat sunah tahajud.
Baca :Hukum dan fadilah shalat tarawih dirumah
Shalat tarawih hukumnya sunah sebagaimana shalat malam lainnya.
Rasullullah bersabda bahwa shalat tarawih tidaklah wajib
Rasullullah juga bersabda bahwa :

ﺇِﻧِّﻲ ﺧَﺸِﻴْﺖُ ﺃَﻥْ ﺗُﻔْﺮَﺽَ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ .

“Sesungguhnya aku khawatir ini dianggap wajib atas kalian (shalat tarawih) .
Hadits tersebut menjelaskan bahwa puasa seseorang tetaplah sah meski tidak menunaikan shalat tarawih dan jika meninggalkan shalat tarawih ia tidak dianjurkan untuk mengqadhanya atau menggantinya.
Meskipun demikian mendirikan shalat tarawih sangat dianjurkan karena pahala yang akan kita dapat sangatlah besar baca :Fadilah shalat Tarawih Hari 1 sampai 30
Hukum shalat tarawih di bulan ramadhan adalah sunnah muakkad atau sangat dianjurkan sesuai dengan Alqur’an dan hadits serta beberapa pendapat ulama. Shalat tarawih bisa dilaksanakan secara berjamaan maupun sendirian dirumah karena hukum shalat tarawih sendirian di rumah diperbolehkan dan shalat tarawih sah apabila memenuhi syarat sah shalat.
Lalu Bagaimana Hukum Puasa Tanpa Shalat Tarawih?
Baca :Tata Cara Niat dan Doa Shalat Tarawih (lengkap)
Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa hukum puasa ramadhan adalah wajib sementara hukum shalat tarawih adalah sunnah muakad dimana jika ditinggalkan tidaklah berdosa, menjalankanya akan mendapatkan pahala.
Karena hukum shalat tarawih adalah sunah dan bukan merupakan salah satu syarat sah atau rukun puasa maka puasa orang yang tidak menunaikan shalat tarawih adalah sah.
Shalat Tarawih Pada zaman Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, shalat tarawih berjamaah hanya dikerjakan selama 3 malam.
Abu Dzar menceritakan ;

ﺻُﻤْﻨَﺎ ﻣَﻊَ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ، ﻓَﻠَﻢْ ﻳَﻘُﻢْ ﺑِﻨَﺎ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﻣِﻨْﻪُ، ﺣَﺘَّﻰ ﺑَﻘِﻲَ ﺳَﺒْﻊُ ﻟَﻴَﺎﻝٍ، ﻓَﻘَﺎﻡَ ﺑِﻨَﺎ ﻟَﻴْﻠَﺔَ ﺍﻟﺴَّﺎﺑِﻌَﺔِ ﺣَﺘَّﻰ ﻣَﻀَﻰ ﻧَﺤْﻮٌ ﻣِﻦْ ﺛُﻠُﺚِ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ، ﺛُﻢَّ ﻛَﺎﻧَﺖِ ﺍﻟﻠَّﻴْﻠَﺔُ ﺍﻟﺴَّﺎﺩِﺳَﺔُ ﺍﻟَّﺘِﻲ ﺗَﻠِﻴﻬَﺎ، ﻓَﻠَﻢْ ﻳَﻘُﻤْﻬَﺎ، ﺣَﺘَّﻰ ﻛَﺎﻧَﺖِ ﺍﻟْﺨَﺎﻣِﺴَﺔُ ﺍﻟَّﺘِﻲ ﺗَﻠِﻴﻬَﺎ، ﺛُﻢَّ ﻗَﺎﻡَ ﺑِﻨَﺎ ﺣَﺘَّﻰ ﻣَﻀَﻰ ﻧَﺤْﻮٌ ﻣِﻦْ ﺷَﻄْﺮِ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ، ﻓَﻘُﻠْﺖُ : ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻟَﻮْ ﻧَﻔَّﻠْﺘَﻨَﺎ ﺑَﻘِﻴَّﺔَ ﻟَﻴْﻠَﺘِﻨَﺎ ﻫَﺬِﻩِ . ﻓَﻘَﺎﻝَ : ‏« ﺇِﻧَّﻪُ ﻣَﻦْ ﻗَﺎﻡَ ﻣَﻊَ ﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻡِ ﺣَﺘَّﻰ ﻳَﻨْﺼَﺮِﻑَ، ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻳَﻌْﺪِﻝُ ﻗِﻴَﺎﻡَ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ ‏» ﺛُﻢَّ ﻛَﺎﻧَﺖِ ﺍﻟﺮَّﺍﺑِﻌَﺔُ ﺍﻟَّﺘِﻲ ﺗَﻠِﻴﻬَﺎ، ﻓَﻠَﻢْ ﻳَﻘُﻤْﻬَﺎ، ﺣَﺘَّﻰ ﻛَﺎﻧَﺖِ ﺍﻟﺜَّﺎﻟِﺜَﺔُ ﺍﻟَّﺘِﻲ ﺗَﻠِﻴﻬَﺎ، ﻗَﺎﻝَ : ﻓَﺠَﻤَﻊَ ﻧِﺴَﺎﺀَﻩُ ﻭَﺃَﻫْﻠَﻪُ ﻭَﺍﺟْﺘَﻤَﻊَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ، ﻗَﺎﻝَ : ﻓَﻘَﺎﻡَ ﺑِﻨَﺎ ﺣَﺘَّﻰ ﺧَﺸِﻴﻨَﺎ ﺃَﻥْ ﻳَﻔُﻮﺗَﻨَﺎ ﺍﻟْﻔَﻠَﺎﺡُ، ﻗَﺎﻝَ : ﺛُﻢَّ ﻟَﻢْ ﻳَﻘُﻢْ ﺑِﻨَﺎ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﻣِﻦْ ﺑَﻘِﻴَّﺔِ ﺍﻟﺸَّﻬْﺮِ

Kami berpuasa bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada bulan ramadhan. Beliau tidak pernah mengimami shalat malam sama sekali, hingga ramadhan tinggal 7 hari.
Pada H-7 beliau mengimami kami shalat malam, hingga berlalu sepertiga malam. Kemudian pada H-6, beliau tidak mengimami kami. Hingga pada malam H-5, beliau mengimami kami shalat malam hingga berlalu setengah malam. Kamipun meminta beliau, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana jika kita tambah shalat tarawih hingga akhir malam?’ Kemudian beliau bersabda, ‘Barangsiapa yang shalat tarawih berjamaah bersama imam hingga selesai, maka dia mendapat pahala shalat tahajud semalam suntuk.’
Kemudian H-4, beliau tidak mengimami jamaah tarawih, hingga H-3, beliau kumpulkan semua istrinya dan para sahabat. Kemudian beliau mengimami kami hingga akhir malam, sampai kami khawatir tidak mendapatkan sahur. Selanjutnya, beliau tidak lagi mengimami kami hingga ramadhan berakhir. (HR. Nasai dan Ibnu Majjah)
Kesimpulan dari hadis di atas, bahwa para sahabat pada beberapa malam mereka tidak shalat tarawih berjamaah, meskipun bisa jadi mereka shalat tahajud di masjid, mereka juga puasa dan tidak diperintahkan bagi mereka untuk Mengqadhanya
Jadi sekali lagi ,puasa tanpa shalat tarawih hukumnya sah, karena tarawih bukan syarat sah puasa ramadhan .
Terlebih dalam situasi seperti sekarang ini ,dimana pemerintah dalam hal ini adalah MUI menerbitkan sebuah fatwa melarang Muslim untuk menjalankan shalat tarawih dimasjid.
Dikarenakan kehawatiran wabah atau bala yang sekarang terjadi.
Sudah seyogyanya kita sebagai Muslim taat Akan aturan tersebut.
Dan menurut para Ulama ,shalat tarawih dirumah akan lebih mendapat pahala yang banyak ,ketika sedang terjadi wabah atau pandemi .
Wallahu A'lam.
Baca juga :Tips Aman Puasa bagi ibu hamil tetap bugar dan sehat
Wallahu a'lam

1 Response to "Hukum Puasa Ramadhan Tanpa Shalat Tarawih Puasa Tapi Tidak Shalat Tarawih"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel