Tata Cara Niat,Doa shalat Tarawih serta keutamaan atau fadiah Shalat tarawih

Tata Cara Niat,Doa shalat Tarawih serta keutamaan atau fadiah Shalat tarawih.
Mendengar kata puasa dan shalat tarawih tentunya berhubungan dengan bulan ramadhan dan pastinya semua sudah  memahami waktu dan pelaksanaan shalat tarawih .
Bulan ramadhan adalah bulan penuh hikmah dimana setiap umat islam berusaha untuk meningkatkan ibadahnya dengan menjalankan segala yang diperintahkan dan menjauhi larangannya. Keistimewaan ramadhan
dapat dirasakan oleh seluruh umat islam di seluruh dunia dan pada bulan ini umat islam wajib menunaikan ibadah puasa ramadhan. Puasa ramadhan berbeda dengan puasa sunnah karena hukumnya wajib dan tidak boleh ditinggalkan kecuali memiliki uzur atau halangan serta wajib mengqadha atau menggantinya dikemudian hari.
Pada bulan ramadhan, umat islam juga menunaikan ibadah shalat tarawih di setiap malam. Shalat tarawih adalah shalat yang dilaksanakan pada malam bulan ramadhan setiap harinya.
Hukum shalat tarawih di bulan ramadhan adalah sunnah muakad dan keutamaan shalat tarawih sangatlah besar.
bahwa fadhilah yang terkandung dalam shalat tarawih setiap malam berbeda dengan malam lainnya.
Pengertian Shalat Tarawih
Shalat tarawih adalah shalat malam atau qiyamul lail yang dilaksanakan pada bulan ramadhan dan hukum shalat tarawih di bulan ramadhan adalah sunnah muakkad atau sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Shalat tarawih berbeda dengan shalat tahajud yang mana dilaksanakan disepertiga malam ,meskipun sama-sama shalat sunnah yang dilaksanakan di malam hari, shalat tarawih boleh dilaksanakan sebelum tidur dan tetap ditutup dengan shalat witir . Keutamaan shalat tarawih sangatlah besar dan sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah dalil yang menganjurkan ibadah shalat tarawih di bulan ramadhan.
“Seutama-utama puasa setelah (puasa) Ramadhan adalah (puasa) Bulan Allah Muharram dan seutama-utama sholat setelah (sholat) fardhu adalah sholat lail.”
“Datang kepada Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam seorang lelaki dari Qudho’ah lalu berkata : “Wahai Rasulullah, bagaimana menurut engkau andaikata saya bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang haq kecuali Allah dan engkau rasul Allah, saya sholat lima waktu,saya puasa bulan (Ramadhan), saya melakukan Qiyamulail (shalat malam/ taraweh) Ramadhan dan saya mengeluarkan zakat ?. Maka Nabi shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam bersabda : “Siapa yang meninggal di atas hal ini maka ia termasuk dari para shiddiqin dan orang-orang yang mati syahid”.
Baca Selengkapnya...


Seperti yang sudah di firman-kan oleh Allah SWT dalam Qur an surat Al-Baqarah ayat 185, Bulan ramadhan adalah bulan-bulan diturunkannya Al Qur an.
Al Qur an adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk it dan sebagai pembeda (antara yang hak dan yang bathil).
Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa di bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
Baca juga:Tata cara dan bacaan Doa shalat Tahajud
pelaksanaan shalat tarawih di lakukan setelah shalat Isya dan ba'diyah isya di bulan suci Ramadhan.
Tarawih berarti ‘istirahat‘, oleh karena itu pada pelaksanaan ibadah tarawih diselingi dengan ‘istirahat’, dengan disunnahkan duduk beberapa saat setelah selesai salam kemudian memperbanyak dzikir kepda Allah SWT dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, baik itu di setiap rakaat kedua maupun pada rakaat keempat, semuanya itu dikerjakan dalam keadaan khusyuk serta tidak tergesa-gesa, adab perlu diperhatikan, jangan terlalu cepat bacaan dzikirnya agar tata cara bacaan dan tajwidya sesuai atau benar.

Tata cata shalat Tarawih adalah sama seperti shalat sunah pada umunya.
dikerjakann 2 rakaat salam.
Untuk bacaan surat dalam shalat sunah tarawih setelah membaca surat alfatihah adalah surat surat Alquran dalam juz 30.
setelah shalat tarawih dianjurkan mengerjakan shalat sunah witir.

Adapun bilangan rokaat shalat Tarawih yang di ambil dari pendapat Ulama  adalah 20 rakaat ditambah 3 rokaat shalat witir.

namun ada juga yang menjalankan shalat tarawih dengan hanya 17 rakaat.
Hukum shalat tarawih ialah sunah muakadah.
Berikut bacaan Niat dzikir dan doa shalat tarawih.

Bacaan Niat shalat sunah Tarawih:

اُصَلِی سُنَّةَ التَّرَاوِيحِ  رَكْعَتَين مَا مُومًاِ لِلّٰهِ تَعَال.

usholi sunnatatarowihi rok'ataini  ma'mumann lillahii taala.
Artinya:
Aku niat shalat sunah tarawih dua rokaatt sebagai mamum karena Allah taala.

Bacaan Niat shalat tarawih sebagai Imam:

اُصَلی سُنَةَ التَّرَاويحِ رَكعَتَينِ امَامًا للّٰه تَعَالی.

ushali sunatattarawihii rokataini imaman lillahi taala

Artinya:
Aku niat shalat sunah tarawih dua rokaat sebagai Imam karena Allah ta'ala.
Bacaan Niat Shalat Tarawih sendirian di Rumah :

اصَلی سنةَ اتّرَاويح ركْعَتَينِ ادَءً لی اللّهِ تعاَل

Artinya :
Aku Niat Shalat sunah tarawih Dua Rokaat karena Allah.Ada begitu banyak keutamaan fadillah yang terkandung dalam shalat sunah tarawih,salah satunya adalah,sabda nabi SAW yang berhubungan dengan fadillah bulan ramadhan .

Nabi SAW bersabda:
"Seandainya Umatku mengetahui apa yang terkandung (kebaikan dan keberkahan) didalam bulan ini ,niscaya mereka menginginkan dan berharap agar Allah SWT mengganti seluruh bulan diijadikan bulan ramadhan."
"dan barang siapa sahallat tarawih dimalamnya bulan rammadhan karena Iman dan mengharap ridlo Alloh SWT , Maka di Ampunilah seluruh dosanya."(al hadits).

setelah selesai shalat tarawih, hendaklah diteruskan dengan shalat sunah Witir 3 rokaat.

*Bacaan doa sebelum shalat tarawih:

سبْحَانَ المَلكِ المَعْبُودْ سبْحَانَ المَلكِ المَوْجُودِ سبْحَانَ المَلكِ الحَيَّ الَّذِلاَ يَنَامُوَلاَيَمُتُ ولاَ يَفُوتُ ابَدًا سُبُوحٌ قُدُّسٌ رَبَنَا وَرَبُّ الْمَلَاءكَةِ وَالرُّحِ سبحَانَ اللّه وَالحَمْدُ للّٰهِ ولاَ الٰهَ اللّهُ واللّٰهُ اكبَر .لا حَول ولاَ قُوَّةَ اِلا بِاللّٰهِ العَليِّ العَظِم.

Artinya:
Maha suci allah yang memiliki alam dan yang disembah,maha suci Allah yang memiliki lagi maha hidup dan kekal dan tiada hilang selama -lamanya
maha suci qudus,Tuhan kami dan Tuhan seluruh malaikat dan roh.
maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya dan tiada Tuhan melaiinkan Allah ,Allah maha besar,dan tiada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan Allah,Tuhan yang maha tinggi dan aggung.


Bacaan wiriid sesudah shalat Tarawih.

اشْهَد اَنْ لا اله الّااللّه اسْتَغْفِرُاللّهَ نَسْاَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ وَنَعُوذُبِكَ مِن سَخَتِكَ وَالنَّارِ.

Artinya:
Saya bersaksi tiada Tuhan selain Alloh ,saya memohon ampunan kepada Allah , saya mohon ridho-MU, dan mohon syurga-Mu dan saya berlindung dari kemurkaan-Mu ,dan dari api neraka.

اللّهُمَ انَّكَ عَفُوٌّ كَرِيم تُحِبُّ العَفْوَ وَاعْفُ عَنِّ.

Artinya:
Ya Allah sesungguhnya Engkau Tuhan maha pemberi ampun dan maha mulia,Engkau suka memberi Ampunan maka ampunilah Aku.

Bacaan Doa setelah shalat tarawih :


اللّهُمَ انَّكَ عَفُوٌّ كَرِيم تُحِبُّ العَفْوَ وَاعْفُ عَنِّ.
اللّهُمَ انّا نَسْاَلُكَ رِضَاكَ والجَنَّةَ وَنَعُوذُبِكَ مِنْ سَخَتطِكَ وَالنَّارِ.


Artinya:
Ya Allah sesungguhnya Engkau Tuhan maha pemberi ampun dan maha mulia,Engkau suka memberi Ampunan maka ampunilah Aku.
Ya Allah hamba mohon keridhoan-Mu,dan syurga-Mu,dan Aku memohon perlindungan-mu dari  siksa Neraka.

sudah menjadi hukum wajib bagi setiap muslim laki - laki dan perempuan yang berakal dan baligh untuk mnjalankan Ibadah Puasa dibulan Ramadhan dalam Alquran ditegaskan.

ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻛُﺘِﺐَ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢُ ﺍﻟﺼِّﻴَﺎﻡُ ﻛَﻤَﺎ ﻛُﺘِﺐَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻣِﻦْ ﻗَﺒْﻠِﻜُﻢْ ﻟَﻌَﻠَّﻜُﻢْ ﺗَﺘَّﻘُﻮﻥَ

Artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah: 183)
setelah melaksanakan shalat tarawih dan witir pagi harinya kita mulai berpuasa berikut Bacaan niat puasa dan berbuka di bulan ramadhan.

Berikut doa niat berpuasa:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺻَﻮْﻡَ ﻏَﺪٍ ﻋَﻦْ ﺍَﺩَﺍﺀِ ﻓَﺮْﺽِ ﺷَﻬْﺮِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﻫﺬِﻩِ ﺍﻟﺴَّﻨَﺔِ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu shoumaghodin an adaa i fardhisyahri romadhoona hadihis sanati lillahi ta ala.

Artinya:
Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan ibadah puasa tahun ini karena Allah.
Bacaan Niat puasa satu bulan penuh.
Untuk menjaga puasa kita tetap sah meski lupa membaca niat puasa ramadhan ,dianjurkan untuk membaca Niat puasa Ramadhan satu bulan penuh di malam pertama bulan ramadhan, berikut bacaan niat puasa untuk ramadhan 1 Bulan penuh : نويتُ صوم جَمیعِ شهر رَمَضان هدهِ اسّنة تَعلدً لاِمَام ملك

sedangkan doa untuk berbuka puasa adalah sebagai berikut:

اللّهم ﻟَﻚَ ﺻُﻤْﺖُ ﻭَﺑِﻚَ ﺁﻣَﻨْﺖُ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺭِﺯْﻗِﻚَ ﺃَﻓْﻄَﺮْﺕُ ﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻚَ ﻳَﺎ ﺍَﺭْﺣَﻢَ ﺍﻟﺮَّﺣِﻤِﻴْﻦَ

Allohumma lakasumtu wabikaa amantu wa alaa rizkika afthortu birohmatika yaa arhamar rohimiin.

Artinya:
"Ya Allah, untuk Mu aku berpuasa, dan untuk Mu lah aku beriman, kepada Mu aku berserah dan dengan rizki Mu aku berbuka, dengan rahmat Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Yang terpenting dari doa niat puasa Ramadhan tersebut semata-mata hanyalah ibadah yang ditujukan kepada Allah SWT.
sesuai janji Allah SWT, bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa akan mendapatkan dua kebajikan yaitu kebahagiaan saat berbuka puasa dan kebahagiaan saat bertemu dengan Allah SWT.

Demikian kiranya Ulasan kami kali ini tentang Tata cara,doa sebelum dan sesudah shalat tarawih dan bacaan doa Niat puasa dan berbuka puasa.
semoga bermanfaat

0 Response to "Tata Cara Niat,Doa shalat Tarawih serta keutamaan atau fadiah Shalat tarawih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel