Bacaan Shalawat Tibil Qulub(shalawat syifa) lengkap.. Arab ,latin ,Arti serta manfaatnya

Bacaan Shalawat Tibil Qulub(shalawat syifa) lengkap.. Arab ,latin ,Arti serta manfaatny.
Ada Banyak macam Shalawt yang diciptakan oleh para Waliyullah ,sebagai bentuk Mahabbah kepada Junjungan Kita Nabi Muhammad SAW.
Dan di dalam Shalawat tibil qulub tersebut memiliki berbagai keutamaan dan fadilah .
Kali ini akan kita bahas tentang manfaat serta fadilah Shalawat Tibil qulub (Shalawat sifa/obat).

Shalawat Tibbil Qulub merupakan selawat yang bertujuan untuk menenangkan hati dan pikiran.
Bisa dilantunkan saat hati gelisah, was-was atau mengalami kegusaran.
Selain itu Shalawat Tibbil Qulub juga bisa dibaca ketika badan sedang sakit.
Membaca shalawat menjadi bentuk kecintaan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW.

Shalawat ini juga menjadi sebuah harapan dan doa umat Islam agar kelak mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW di yaumul akhir.
Seperti Shalawat Tibbil Qulub ini , amalan yang diyakini sebagai doa agar diberi kesehatan dan dijauhkan dari penyakit hati.
Shalawat Tibbil Qulub, adalah shalawat yang berupa doa agar diberi kesehatan dan dijauhkan dari penyakit hati, termasuk diberikan cahaya, yaknii cahaya kebenaran atau cahaya Islam.

Shalawat syifa tibbil qulub merupakan shalawat sebagai penawar atau obat, Syifa ’ dalam shalawat tersebut bermakna obat atau penawar, baik obat hati maupun obat sakit dhohir badan, karena dalam bacaan tersebut terdapat kandungan tawasul kepada Junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.

Shalawat tibil qulub memiliki khasiat untuk kesehatan jasmani dan rohani ,penawar bagi segala penyakit tubuh dan segala penyakit hati,memberikan cahaya bagi segala mata dan sinarnya.

(Wa Nuuril Abshaari Wa dhiyaiha)  Shalawat Tibil Qulubi merupakah bentuk tawashul kepada Nabi agar mata bathin dan dzohir kita diberikan cahaya, ditunjukkan jalan yang lurus yang menyinari, dan dijauhkan segala maksiat terkait pandangan mata.
Demikian mengenai pembahasan singkat tentang khasiat ,fadillah bacaan shalawat tibbil qulub.

Untuk Fadilah membaca shalawat nabi SAW selengkapanya ada disini.

Teks Shalawat Tibil qulub

Berikut teks dari Shalawat Thibbil Qulub :


ﺍﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠٰﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻃِﺐِّ ﺍﻟْﻘُﻠُﻮْﺏِ ﻭَﺩَﻭَﺍﺋِﻬَﺎ، ﻭَﻋَﺎﻓِﻴَﺔِ ﺍﻟْﺎَﺑْﺪَﺍﻥِ ﻭَﺷِﻔَﺎﺋِﻬَﺎ، ﻭَﻧُﻮْﺭِ ﺍﻟْﺎَﺑْﺼَﺎﺭِ ﻭَﺿِﻴَﺎﺋِﻬَﺎ، ﻭَﻋَﻠٰﻰ ﺍٰﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺳَﻠِّﻢ


Allahumma Shalli 'ala sayyidinaa muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa 'afiyatil abdaani wa syifaa ihaa wa nuuril abshaari wa dhiyaa ihaa wa 'alaa aalihi wa shahbihi wa sallim

Artinya :
Ya Allah limpahkan rahmat kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW. sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.

Dalam kitab Dakhirat Al muhtaj fi As shalawat 'ala Shahib Al liwa wa At taj dijelaskan :

ﻗﺎﻝ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ : ﺃﻣﺎ ﻋﺪﺩﻫﺎ ﻓﻬﻮ ﻳﻮﻣﻴﺎ ﻣﺎﺋﺔ ﻣﺮﺓ ﺻﺒﺎﺣﺎ ﺑﻌﺪ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﻭﻣﺴﺎﺀ ﺑﻌﺪ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﻭﻗﺒﻞ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻤﻐﺮﺏ، ﻭﻟﻬﺎ ﻫﻰ ﺗﺄﺛﻴﺮ ﻋﺠﻴﺐ ﻓﻰ ﻋﻼﺝ ﺃﻣﺮﺍﺽ ﺍﻟﻘﻠﺐ ﻭﻛﺜﻴﺮ ﻣﻦ ﺍﻷﻣﺮﺍﺽ . ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺬﻯ ﻓﻰ ﺍﻻﻗﻮﺍﺱ ﺑﺎﻟﻨﺴﺐ ﻟﻠﻌﺪﺩ، ﻓﻬﻮ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﻭﻣﻦ ﻗﺮﺃﻫﺎ ﺳﺒﻊ ﻣﺮﺍﺕ ﻋﻠﻰ ﻣﺎﺀ ﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﺗﺄﺛﻴﺮ ﻋﺠﻴﺐ ﺟﺪﺍ ﻭﻣﺠﺮﺏ ﻓﻰ ﻋﻼﺝ ﻛﻞ ﺍﻷﻣﺮﺍﺽ ﺑﺈﺫﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ

Berpendapat Sebagian para  Ulama :
Bilangan membaca shalawat ini sebanyak 100 kali dalam sehari.
Bisa dibaca 100 kali di waktu pagi setelah shalt subuh, dibaca di waktu sore setelah shalat asar dan sebelum shalat magrib.
Shalawat tersebut mempunyai pengaruh yang luar biasa di dalam menyembuhkan penyakit hati dan Berbagai penyakit lainnya .

Dan barang siapa yang membacanya sebanyak tujuh kali dan meniupkannya ke dalam air, maka air tersebut mempunyai pengaruh yang sangat luar biasa di dalam menyembuhkan segala penyakit dengan kehendak dan izin Allah Swt.
Hakikatnya adalah Allah SWT yang maha menyembuhkan segala bentuk penyakit baik penyakit hati maupun segala penyakit yang disebabkan oleh wabah , virus dll.

Adapun dengan membaca shlawat ini adalah bentuk wasilah serta kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW Agar supaya Allah Swt mengabulkan do’a dan keinginan kita untuk menyembuhkan segala wabah penyakit yang menjangkit ,dan yang utama adalah debagia doa agar mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW.


Semoga menjadikan manfaat bagi anda semua.
Wallahu 'alam

2 Responses to "Bacaan Shalawat Tibil Qulub(shalawat syifa) lengkap.. Arab ,latin ,Arti serta manfaatnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel