10 Keutamaan Surat Ar-Rahman yang penuh Nikmat

10 Keutamaan Surat Ar-Rahman yang penuh Nikmat.
Al-Quran adalah pedoman bagi kaum Muslim untuk menjalani kehidupan di dunia. Tentunya Al-Quran memiliki banyak keutamaan yang bisa membuat bertambah kuatnya Iman seseorang,membuat hati manusia lebih tenang dan lebih pandai dalam bersyukur.

Pada surat Ar Rahman misalnya, surat ini sangat akrab di kalangan masyarakat Islam Indonesia karena surat ar rahman kerap menjadi bacaan setiap harinya.
Surat ini memiliki arti Allah Yang Maha Pemurah.
Surat Ar-Rahman memiliki 10 keutamaan yang dahsyat bagi umat Muslim yang rajin membacanya.
Surat Ar-Rahman termasuk surat makiyah yaitu surat yang diturunkan di Negara makkah.

Surat ini terdiri dari 78 ayat, dalam surat Ar-Rahman mengandung pemberitahuan tentang nikmat-nikmat Allah yang mengagumkan.
Dan di dalamnya juga berisi penjelasan tentang rahmat Allah SWT yang nyata di dunia dan akhirat.
Maknawiyah dari surat Ar-rahman ini adalah sebuah motivasi bagi para Muslim untuk semakin beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, agar mampu meraih kenikmatan hakiki di akherat kelak.

Salah satu penggalan ayat dari surah Ar-Rahman yang begitu lekat dalam ingatan, yang diulang hingga 31 kali dalam surat ini, yaitu ayat dengan lafadz :


ﻓَﺒِﺄَﻱِّ ﺁﻟَﺎﺀِ ﺭَﺑِّﻜُﻤَﺎ ﺗُﻜَﺬِّﺑَﺎﻥِ


fa bi ayyi ala'i rabbikuma tukazziban

Artinya: Maka nikmat TuhanMu yang manakah yang kamu dustakan?

Makna dari penggalan Ayat diatas adalah sebagai peringatan atas sifat manusia yang pelupa, tidak ingin berfikir dan kufur nikmat.
Wallahu 'alam bimurodih.
Ada 10 keutamaan dari surah Ar-Rahman yang Dahsayat yang wajib kita ketahui.

Sifat - Sifat yang melekat pada Hati Manusia
Bahwa kita Manusia memiliki beberapa sifat jelek diantaranya adalah :

Sifat pelupa

Manusia Adalah Mahkluk yang memiliki sifat Pelupa
Tekadang manusia lupa dan lalai akan Nikmat Tuhan yang sudah terberi, seperti diberi kehidupan sehat dan di karuniai rezeki berlimpah oleh Allah melalui ikhtiarnya, namun terkadang ada yang berfikir bahwa kesuksesan itu adalah hasil kerja kerasnya sendiri, lupa bahwa Rezeki yang didapat adalah sumber dari Allah SWT sehingga merekapun lupa untuk bersyukur.
Karena lupa untuk mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan sehingga tumbuhlah penyakit kufur Nikmat,baca Hukum kufur nikmat baca disini
na'udzubillahi min dzalik.

* Sifat Tamak / serakah

Manusia yang tidak pernah bersyukur akan mempunyai sifat tamak, yang menyebabkan mereka akan di jauhkan dari Hidayah Allah.
Meskipun dalam kehidupanya orang yang memiliki sifat Tamak sepertinya bahagia, namun sebenarnya adalah Istidraj.

* Sifat dengki dan sirik

Tidak dipungkiri bahwa manusia yang tidak menjaga ke imanan, akan di rasuki sifat dengki, yang apabila melihat orang lain susah akan merasa senang fan sebaliknya (na'udzubillah min dzalik).

Dari yang demikian tadi, akan sangat penting bagi kita untuk selalu berupaya menjaga Iman ihsan Islam kita, dengan cara selalu berusaha mendekatkan diri pada sang khaliq, salah satu caranya adalah dengan beribadah, dizikir, wirid dan membaca Al - quran, dengan membaca Al - quran diyakini akan bisa menjaga hati kita dari sifat - sifat jelek, seperti membaca surat Ar- rahman yang memilik banyak keutamaan.

Berikut 10 keutamaan dan manfaat membaca Surat Ar-Rahman setiap hari :


1. Menigkatkan keimanan
Dengan rajin Membaca Surat Ar-Rahman yang didalamnya terdapat Kata Ar Rahman pastinya akan membuat setiap pembacanya untuk selau mengingat dan memuji Allah yang Maha Pemurah ,dengan membaca surat ar rahman secara kontinue ,akan meberikan manfaat berupa meningkatnya kadar keimanan seseorang.

2. Mendapat Ridha Allah SWT.
Secara ringkas, isi dari penjabaran surat Ar Rahman adalah menjelaskan segala nikmat Allah yang sangat banyak terhadap makhluknya. Sehingga mengingatkan seseorang untuk selalu memiliki sifat Cinta terhadap Allah dan Rasulnya serta sifat penuh kasih sayang terhadap sesama.
Bagi orang yang rutin membaca surat Ar Rahman disebutkan bahwa Allah akan menyayangi segala bentuk kelemahannya dan meridhai nikmat dan rizqi yang dikaruniakan kepadanya.

3. Mensyukuri nikmat

Pengulangan ayat " fa bi ayyai ala i rabbikuma tukazziban " dalam surat ar rahman hingga 31 kali yang memiliki arti " Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? "
Adalah pengingat diri bahwa ada banyak sekali nikmat yang Allah berikan.

Ketika seorang sedang merasa terpuruk, ingatlah betapa begitu banyak nikmat Allah yang sudah diterima, maka syukurilah, segala nikmat yang telah terberi seprti , Nikmat sehat ,Nikmat waktu ,nikmat bisa mnghirup udara.Nikmat tersebut harus kita syukuri, Agar Allah menambahkan Nikmat untuk kita.

Baca juga :Ingin Rezeki anda berlimpah baca Surat ini
4. Memberi syafaat.
Bahwa setiap orang yang rutin membaca surat Ar-rahman dikatakan oleh syeh
Imam Ja’far Ash Shadiq :

Jangan Engkau tinggalkan untuk membaca surat Ar rahman dan bangunlah bersamanya, karena ketika hari kiamat telah tiba, tidak ada orang yang berdiri lebih dekat dari padanya kecuali orang selalu membaca surat Ar rahman.
Siapa orang yang bangun tengah malam bersamamu dan telah tekun membacamu, lalu surat itu menjawab : Ya Rab, fulan bin fulan, kemudian wajah orang yang sering membacanya akan menjadi putih, kemudian Allah berfirman :

Berilah syafaat kepada orang yang mencintai kalian(surat ar rahman), lalu ia menjawab dan memberi syafaat bagi mereka.
Masuklah engkau ke surga, tinggalah bersamanya di dalamnya sebagaimana yang engaku inginkan (dikutip dari kitab Tsawabul A’mal).

5. Pahala Mati Syahid
Keutamaan surat Arahman berikutnya adalah di golongkan orang yang mendapat pahala para syuhada.
Dari Imam Ja’far ash shadiq berkata bahwa :
Bagi siapa ketika membaca Surat Ar rahman pada malam, siang ataupun pagi  hari dan saat kalimat Fabiayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdziban lalu menjawab

لابسیءمن عليك رَبِّ اكضب

La bisyay-in min alaika Rabbi akdzibu.
Maka Allah akan mencatat meninggalnya dalam keadaan syahid. (Tsawabul Amal ).

6. Mendapatkan Jodoh
Jodoh adalah murni rahasia Allah.
Salah satu keutamaan surat Ar rahman Bagi seorang yang Mebaca surat Ar rahman apabila belum mendapatkan jodoh, maka hendaknya memohon kepada Allah dengan diawali dengan membaca surat Ar Rahman ini secara istiqomah, dan mebaca doa agar enteng jodoh ,maka insyaAllah apa yang menjadi hajat akan tercapai,dan dipertemukan dengan jodoh

6. Dijadikan Mahar Nikah.
Mahar dalam suatu pernikahan tidaklah harus berupa materi ,akan lebih bagus memakai Surat ar rahman sebgai
mahar nikah.

Dalam Hadits Riwayat bukhari diterangkan :
Maka apaibla kita tidak memiliki mahar berupa baju, cincin maupun lain sebagainya, maka dapat dilakukan dengan cara menghafal salah satu surat dalam Al Qur’an yaitu surat ar rahman (HR Bukhari).
Firman Allah :

وَآتُوا النِّسَاءَ صَدُقَاتِهِنَّ نِحْلَةً فَإِن طِبْنَ لَكُمْ عَن شَيْءٍ مِّنْهُ نَفْسًا فَكُلُوهُ هَنِيئًا مَّرِيئًا

Berikan mahar pada wanita yang engkau ingin nikahi sebagian pemberian penuh kerelaan (QS An Nisa 4).

7. Memberikan Ketenangan Batin(obat hati)
Manfaat surat Ar rahman selanjutnya apabila Anda sedang merasakan kegelisahan, cemas, hingga menjadi tekanan bathin, maka bacalah Surat Ar-Rahman, dengan mengingat makna didalamnya ,Insya Allah Hati akan menjadi tenang.

8. Menabah keharmonisan Rumah Tangga

Dalam sebuah Hubungan rumah tangga ,sering terjadi perselisihan diantara suami istri hingga keluarga menjadi tidak harmonis, maka bacalah surat Ar rahman setiap Hari  dirumah ,Agar Keharmonisan Rumah Tangga dapat Terjaga.
Dan mencapai taraf keluarga yang sakinah mawadah warahmah.

8. Pembuka Aura .

Membaca Surat Ar Rahman secara Istiqomah setiap hari juga bisa mebuka Aura kasih Sayang
Sehingga Anda akan mudah membuat rasa nyaman bagi siapapun yang berada dekat dengan kita .
Dikasihi sesama dan mudah mendapat teman.
Dan bagi para pebisnis ,dengan mengamalkan surat arahman juga mempermudah mendapatkan partner bisnis dan dipercaya.

9. Mempermudah Usaha.
Bacalah Surat Ar rahman setiap hendak menjalankan Usaha, seperti; Berdagang ,bisnis ,kerja dan sebagainya.
Maka Insya Allah akan diberi kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan usaha dan bisnis anda.

10. Di jaga dari Kesukaran Hidup dunia Akhirat

Sungguh Nikmat Allah begitu melimpah untuk semua MahlukNya, sehingga apabila seseorang selalu membaca ar rahman dan memenuhi segala perntah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya ,Maka Allah akan menghindarkan dari segala Kesukaran dan kesempitan Kehidupan di Dunia dan Akhirat.

Kesimpulan :

Surat Ar Rahman, yang memiliki arti sifat kasih sayang Allah adalah termasuk dalam Asmaul Husna ,yang barang siapa berdoa menggunakan Asmaul Husna maka akan dikabulkan segala hajatnya.
Namun demikian, banyak dari kita yang lalai untuk mensyukuri nikmat Allah yang telah diberikannya kepada kita, hingga tidak sedikit pula dari kita menjadi seorang yang kufur nikmat,seperti merasa selalu kekurangan, merasa tidak adil dan tidak mau bersyukur apa yang kita miliki sekarang ini, maka celakalah bagi orang yang kufur nikmat.


Semoga kita termasuk dalam golongan orang yang pandai mensyukuri Nikmat.
Hingga Allah senantiasa menambahkan nikmat dalam kehidupan kita.
Demikian pembahasan Fadilah Manfaat Surat Ar Rahman yang bisa kami sampaikan, semoga menjadi sebuah motivasi bagi kita untuk senantiasa membaca Al-Quran sebagai pedoman hidup kita ,dan membaca surat Ar Rahman yang memiliki manfaat begitu besar bagi kehidupan Dunia dan Akhirat.


Mari perbarui Niat 
kita semata hanya  karena Allah dan sebagai sarana belajar kita untuk memperoleh sesuatu dan lebih baik dengan memahami isi kandungan atau makna dari Surat Ar Rahman dan Surat - surat lain dalam AL- Quran.
Wallahu 'alam bi murodih

2 Responses to "10 Keutamaan Surat Ar-Rahman yang penuh Nikmat"

  1. ka, saya ijin copas artikelnya ya. biar banyak yg baca, dan lebih banyak kebaikannya untuk kaka. insyaallah
    sumbernya akan tetap saya tulis ko
    terimakasih

    ReplyDelete
  2. Silahkan ,,semoga memberi manfaat

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel