5 Cara Mendidik Anak yang Dicontohkan Rasulullah SAW.

5 Cara Mendidik Anak yang Dicontohkan Rasulullah SAW.
Anak Anak adalah Aset Masa Depan Keluarga dan Negara .
Ditangan merekalah kelak Bangsa ini dipimpin,,

Maka sudah sepatutnya Sebagai Orang Tua, Kita Wajib mendidik Putra Putri Kita semenjak dini,agar Kita bisa Mencetak generasi penerus yang lebih baik .
Jangan sampai generasi penerus kita hanya akan menjadi penonton kemajuan zaman.

Dari itu semenjak Dahulu Nabi kita Muhammad SAW telah Memberikan Contoh bagaimana cara dalam mendidik Anak .
Rasulullah telah menyampaikan dalam haditsnya tentang mendidik anak dan peran penting kita sebagai orangtua dalam mendidik anak, ada beberapa hal yang disampaikan oleh baginda Rasulullah , yang harus kita jadikan tauladan dalam mendidik anak.

Dalam pesatnya perkembangan zaman memunculkan tekhnologi yang dapat merusak akhlaq serta masa depan anak-anak, terutama merusak sisi kegamaan, moral bangsa serta Masa depan sebuah Negar.

Dari hal yang demikian, Hanya ada satu cara untuk memperbaiki  akhlak anak-anak, agamanya dan masa depannya, yaitu,kita sebagai orangtua wajib Mendidik Putra putri Kita dengan Cara yang telah Beliau Rsulullah SAW contohkan kepada kita.

5 Cara Mendidik Anak Ala Rasulullah SAW

5 Cara yang Rasul contohkan dalam mendidik Anak adalah sebagai berikut:

1. Rasulullah senang bermain-main (menghibur)

Ketika sedang bersama anak-anak Rosululloh senang bermain dan kadang-kadang beliau memangku mereka. Beliau menyuruh Abdullah, Ubaidillah, dan lain-lain dari putra-putra pamannya Al-Abbas RA untuk berbaris lalu berkata, “ Siapa yang terlebih dahulu sampai kepadaku akan aku beri sesuatu (hadiah).”merekapun berlomba-lomba menuju beliau, kemudian duduk di pangkuannya lalu Rasulullah menciumi mereka dan memeluknya(Al-Hadits).

Keterangan hadits diatas menujukan bahwa beliau Nabi begitu dekat dengan Anak anak, Beliau mendasari pendidikan kepada Anak anak dengan Cinta, Hal yang demikian  Haruslah di Contoh oleh para instansi pengajar, Agar kedekatan dengan Anak menjadi jalan masuknya Ilmu yang guru ajarkan kepada Anak /murid.
2.Mengajarkan Anak anak dengan Ilmu ketauhidan / Aqidah .

Aqidah atau Ketauhidan meupakan Ilmu yang bisa dibilang paling penting dalam bidang mendidik Anak.
Allah SWT telah memberikan petunjuk bagi seluruh Orang Tua dalam bidang mendidik Tauhid Anak lewat Firmanya dalam Alquran:

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَاتُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

Artinya:
“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya diwaktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”.(QS:LUQMAN:13)

dalam sebuah Hadits juga di terangkan ;

ادبُو اَولَدكم علی ثلثتِ خصلٍ ؛ حبی نبیِّكُم واهلی بيت وا قرَاتُ القران.

Ajarkanlah kepada Anak Anak Kalian tiga Hal; Cinta Nabi ,Cinta Keluarga, dan Cinta Membaca / Belajar AL Quran.(miatu Hadits syarif)

3. Mendidik Anak Agar Berbakti Kepada Kedua Orang Tua.

Di dalam Alqur'annulkarim terdapat banyak ayat yang memuat tentang perintah atau Nasehat untuk berbakti kepada orang tua, karena sudah menjadi fitrah bagi orangtua mengayomi ,mendidik dan menyayangi anaknya.Perintah Untuk mendidik Anak Agar  berbakti kepada orang tua, dalam Alquran QS :Luqman;

وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Artinya:
"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun ,. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu"(Q.S: Luqman:14)

4. Mendidik Agar Berakhlakul karimah
 Pendidikan akhlak pada Anak dimulai sedari kandungan ibu,Hendaklak para Ibu yang sedang mengandung menunjukan  akhlak yang baik kepada setiap orang. Perilaku ibu yang tengah mengandung yang demikianlah yang dapat memberikan pembelajaran awal kepada bayi sewaktu masih dalam kandungan.

Sedari Dini anak harus diajarkan dan  dibiasakan untuk melakukan perbuatan yang baik, agar Nantinya menjadi terbiasa hingga bisa terbawa sampai tumbuh besar menjadi Manusia yang Berakhlaqul Karimah.Menanamkan akhlak kepada anak anak sedini mungkin, Jangan biarkan anak anak tumbuh  tanpa mengenal  pendidikan akhlak dan moral.

Nabi Menyuruh Kita sebagai Orang tua agar Memulikan Anak dengan pendidikan.
Nabi SAW bersabda:
“Muliakanlah anak-anakmu dan perbaikilah akhlak mereka”(HR Ibnu Majah).
5. Mendidik Anak Mengenal Lingkungan sosial mereka.
Manusia adalah Mahluk sosial, berkaitaan dengan kehidupan, seseorang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi tentunya Akan memberikan banyak maanfaat bagi lingkungam dan orang Orang disekeliling.

Seperti bunyi Hadits berikut:

خير اللنّس انفَعُهُم لی النّس

"Sebaik baik Manusia Adalah yang bermanfaat bagi Orang lain"(al-hadits).
Anak merupakan suatu Anugrah sekaligus Amanah dari Allah SWT.

yang sudah seyogyanya sebagai Orang Tua kita wajib menjaga,mengayomi dan memberikan pendidikan terbaik.
Ada sebuah Kisah Inspiratif yang tertuang dalam salah satu Hadits, Hadits tersebut berbunyi;

Dari Umul Muminin AisyahRA berkata RA berkata; " Ada seorang wanita yang datang menemuiku sambil membawa kedua putrinya . Dia datang untuk meminta .Saat itu aku tidak punya apapun selain sebutir kurma .Akhirnya aku tetap memberikannya kepada wanita tersebut .
Lantas wanita tadi membelah sebutir kurma menjadi dua untuk diberikan kepada kedua putrinya. wanita tersebut tidak makan sama sekali, kemudian berdiri dan pergi.Lalu Nabi SAW masuk menemuiku, maka aku pun menceritakan perihal wanita tersebut, mendengar hal tersebut lantas Nabi SAW bersabda: Barang siapa diuji dengan anak - anak perempuan dengan sesuatu , kemudian dia tetap berbuat baik kepada mereka, maka anak - anak perempuan tersebut bisa menjadi penghalang baginya dari api neraka".(Al-Hadits).


Demikian 5 Cara Mendidik Anak yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.
Selain membekali Anak dengan pendidikan ,Berdoa juga salah satu Usaha agar di anugrahi Anak yang shaleh serta shalehah.

Doa Orang Tua Agar diberikan Anak yang Shaleh / Shalehah;

ربّي هبلي من الصّلحين.

Dari 5 Contoh cara mendidik Anak anak yang telah Nabi Ajarkan, Semoga bisa menjadi Inspirasi untuk mendidik Anak -  Ank kita dengan cara yang telah dicontohkan beliau Nabi junjungan kita Muhammad SAW.
Dan pada zaman sekaranang, bukanlah perkara mudah untuk mendidik anak agar menjadi generasi penerus yang tangguh dalam mnghadapi gempuran zaman dan berpegang teguh pada nilai - nilai Agamis. dari itu berikan anak kita pendidikan yang terbaik karena Anak - anak kita adalah Investasi Dunia dan akherat Orang Tua



Dan semoga Anak Anak kita ,adalah generasi penerus yang berakhlakul karimah dan mampu membanggakan Orang Tua ,Agama dan Negara .
Aamiin Ya Robbal'alaamiin

0 Response to "5 Cara Mendidik Anak yang Dicontohkan Rasulullah SAW."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel