Doa Setelah Sholat Tahajud Keutamaan dan Bacaan Lengkap Arab ,latin dan Artinya

 Doa Setelah Sholat Tahajud Keutamaan dan Bacaan Lengkap Arab ,latin dan Artinya

Melaksanakan sholat tahajud pada sepertiga malam telah dianjurkan bagi umat Muslim yang ingin segala hajatnya terkabul atau Menginginkan terjaga kwalitas Iman islamnya.

Namun, keutamaan sholat ini tidak hanya terletak pada pelaksanaannya, tetapi juga pada doa yang diucapkan setelahnya, yang menjadi kunci untuk mendapatkan kemudahan dari Allah SWT dalam segala urusan.

BACA JUGA : Keutamaan dan tata Cara Sholat Sunah Tahajud

Doa Setelah Sholat Tahajud

Dalam menjalani ibadah sunah sholat tahajud, umat Muslim diajak untuk memanjatkan doa khusus

Salah satu doa yang sangat dianjurkan adalah:

Doa Setelah Sholat Tahajud


اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْححَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِييُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ


"Allahumma rabbana lakal hamdu anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyuna haq. Wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wasallama haq. Was sa‘atu haq."

DOA TAHAJUD


Artinya :

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya.

Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian.Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku.Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku.Engkau Yang Mahaterdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Doa ini memuja Allah sebagai Penguasa dan Cahaya langit, bumi, dan isinya. Menegaskan bahwa segala sesuatu dalam alam semesta ini adalah nyata dan benar, termasuk kehidupan akhirat yang dijanjikan-Nya.

Makna Mendalam di Balik Doa Tahajud

Doa ini mencakup pengakuan akan kebenaran Allah sebagai Pencipta dan Penguasa segala sesuatu. Sebuah pengakuan yang menggambarkan kebesaran-Nya sebagai Pemilik langit, bumi, dan segala isinya.

Kesimpulan: Doa Tahajud Sebagai Bentuk Kesempurnaan Ibadah

Melalui doa setelah sholat tahajud ini, umat Muslim diajak untuk merenung dan memperdalam makna ibadah. Doa ini mencerminkan pengakuan akan kebesaran Allah, penguasaan-Nya atas segala sesuatu, dan penyerahan diri yang total kepada-Nya.

Dengan memahami doa ini, umat Muslim dapat merasakan keutamaan luar biasa dari ibadah tahajud, bukan hanya sebagai kewajiban ibadah, tetapi juga sebagai sarana mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

0 Response to "Doa Setelah Sholat Tahajud Keutamaan dan Bacaan Lengkap Arab ,latin dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel