Panduan lengkap Tata Cara Shalat Syuruq (Isyraq) Niat dan Doa Shalat sunah Syuruq

Tata Cara Shalat Syuruq (Isyraq), Doa Dan Niat Melaksanakannya
Panduan lengkap tata cara Shalat Syuruq beserta doa dan niat.
Shalat Syuruq / Israq ternyata salah satu shalat sunah yang belum difahami kebanyakan Orang ,padahal Shalat sunah yang satu ini memiliki keutaman yang begitu besar, diantaranya adalah mendapatkan pahala seperti orang Berhaji dan Umrah.
Untuk itu marilah kita pelajari bersama Tata cara ,Niat ,Waktu dan Doa Shalat sunah Syuruq.

Pengertian Shalat Sunah Syuruq :
Dari Arti kata Isyraq dan Syuruq
Syuruq berarti akhir waktu shalat Subuh.
Sedangkan Isyraq berarti awal waktu Shalat Dhuha yang dimulai sekitar 15 hingga 20 menit setelah matahari terbit / Syuruq.
Shalat Syuruq / Israq merupakan Shalat Sunnah yang dianjurkan dan sebagai tambahan (Nafilah) ibadah kita selain mendirikan Shalat Fardhu.

Dalil untuk melaksanakan Shalat Isyraq adalah sebagai berikut:

ﻋَﻦْ ﺃَﻧَﺲِ ﺑْﻦِ ﻣَﺎﻟِﻚٍ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗَﺎﻝَ ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻣَﻦْ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟْﻐَﺪَﺍﺓَ ﻓِﻲ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔٍ ﺛُﻢَّ ﻗَﻌَﺪَ ﻳَﺬْﻛُﺮُ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺣَﺘَّﻰ ﺗَﻄْﻠُﻊَ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲُ ﺛُﻢَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﻟَﻪُ ﻛَﺄَﺟْﺮِ ﺣَﺠَّﺔٍ ﻭَﻋُﻤْﺮَﺓٍ ﻗَﺎﻝَ ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺗَﺎﻣَّﺔٍ ﺗَﺎﻣَّﺔٍ ﺗَﺎﻣَّﺔٍ ‏( ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻫﺬﺍ ﺣﺪﻳﺚ ﺣﺴﻦ ﻏﺮﻳﺐ )

Artinya :
Dari Sahabat Anas bin Malik ra berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Barangsiapa yang shalat pagi hari (subuh) secara berjamaah, kemudian ia duduk berdzikir kepada Allah SWT hingga terbitnya matahari, kemudian ia shalat dua rakaat, maka baginya pahala seperti pahala mengerjakan haji dan umrah. Rasulullah SAW bersabda, ‘Sempurna, sempurna, sempurna.(HR. Tirmidzi).

Jumlah Rakaat Shalat Syuruq
Seperti penjelasan dari al-Hadis Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sallam bahwa jumlah rakaat Shalat Syuruq adalah 2 rakaat dan satu salam saja (HR. Tirmidzi)

Waktu Melaksanakan Shalat Sunah Syuruq :
Waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan shalat Syuruq /Israq,
Menurut madzhab Syafi'i Shalat Syuruq (Israq) merupakan Shalat Sunnah yang dikerjakan sekitar 20 menit setelah terbitnya matahari.
Dan menurut Madzhab Hanafi adalah 40 - 45 menit setelah matahari terbit.

Berdasarkan dari Hadits Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam adalah sebagai berikut :

ﺻَﻼَﺓُ ﺍﻟْﺄَﻭَّﺍﺑِﻴْﻦَ ﺣِﻴْﻦَ ﺗَﺮْﻣَﺾُ ﺍﻟْﻔِﺼَﺎﻝُ

“Shalat orang-orang yang gemar bertobat adalah ketika anak-anak onta kepanasan dari teriknya matahari.” (HR. Muslim)
Shalat Isyraq merupakan Shalat Sunah yang dikerjakan di awal masuknya waktu Shalat Dhuha.
Jumlah Rakaat Shalat Syuruq
Seperti penjelasan dari al-Hadis Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sallam bahwa jumlah rakaat Shalat Syuruq adalah 2 rakaat dan satu salam saja (HR. Tirmidzi)

Tata cara shalat sunah Syuruq (Isyraq)
Niat Shalat Syuruq adalah sebagai berikut :

ﺃُﺻَﻠِّﻲ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻹﺷﺮﺍﻕ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦ ﻟِﻠَّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Ushalli sunnatal isyraqi rak’ataini lillahi ta’ala.
Artinya :
"Aku berniat melaksanakan Shalat Sunnah Isyraq sebanyak dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Selanjutnya Tata cara shalat sunah Syuruq sama halnya dengan shalat - pada Umumnya, yang menjadi pembeda hanyalah bacaan Niat ,waktu pelaksanaanya dan Doa shalat tersebut.

Doa Shalat Isyraq
Doa setelah Shalat Syuruq / Isyraq
Doa I :

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻳَﺎ ﻧُﻮْﺭَ ﺍﻟﻨُّﻮْﺭِ ﺑِﺎﻟﻄُّﻮْﺭِ ﻭَﻛِﺘَﺎﺏٍ ﻣَﺴْﻄُﻮْﺭٍ ﻓِﻲْ ﺭِﻕٍّ ﻣَﻨْﺸُﻮْﺭٍ ﻭَﺍﻟﺒَﻴْﺖِ ﺍﻟﻤَﻌْﻤُﻮْﺭِ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺃَﻥْ ﺗَﺮْﺯُﻗَﻨِﻲْ ﻧُﻮْﺭًﺍ ﺃَﺳْﺘَﻬْﺪِﻱْ ﺑِﻪِ ﺇِﻟَﻴْﻚَ ﻭَﺃَﺩُﻝُّ ﺑِﻪِ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﻭَﻳَﺼْﺤَﺒُﻨِﻲْ ﻓِﻲْ ﺣَﻴَﺎﺗِﻲْ ﻭَﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﺎِﻧْﺘِﻘَﺎﻝِ ﻣِﻦْ ﻇَﻼَﻡ ﻣِﺸْﻜَﺎﺗِﻲْ ﻭَﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺑِﺎﻟﺸَّﻤْﺲِ ﻭَﺿُﺤَﺎﻫَﺎ ﻭَﻧَﻔْﺲِ ﻣَﺎ ﺳِﻮَﺍﻫَﺎ ﺃَﻥْ ﺗَﺠْﻌَﻞَ ﺷَﻤْﺲَ ﻣَﻌْﺮِﻓَﺘِﻚَ ﻣُﺸْﺮِﻗَﺔً ﺑِﻲْ ﻟَﺎ ﻳَﺤْﺠُﺒُﻬَﺎ ﻏَﻴْﻢُ ﺍﻟْﺄَﻭْﻫَﺎﻡِ ﻭَﻟَﺎ ﻳَﻌْﺘَﺮِﻳْﻬَﺎ ﻛُﺴُﻮْﻑُ ﻗَﻤَﺮِ ﺍﻟﻮَﺍﺣِﺪِﻳَّﺔِ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﺘَّﻤَﺎﻡِ ﺑَﻞْ ﺃَﺩِﻡْ ﻟَﻬَﺎ ﺍﻟْﺈِﺷْﺮَﺍﻕَ ﻭَﺍﻟﻈُﻬُﻮْﺭَ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻤَﺮِّ ﺍﻟْﺄَﻳَّﺎﻡِ ﻭَﺍﻟﺪُّﻫُﻮْﺭِ ﻭَﺻَﻞِّ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺧَﺎﺗِﻢِ ﺍْﻷَﻧْﺒِﻴَﺎﺀِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺮْﺳَﻠِﻴْﻦَ ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ِﻟﻠﻪِ ﺭَﺏِّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟَﻨَﺎ ﻭَﻟِﻮَﺍﻟِﺪِﻳْﻨَﺎ ﻭَﻟِﺈِﺧْﻮَﺍِﻧﻨَﺎ ﻓِﻲ ﺍﻟﻠﻪِ ﺃَﺣْﻴَﺎﺀً ﻭَﺃَﻣْﻮَﺍﺗًﺎ ﺃَﺟْﻤَﻌِﻴْﻦَ

Artinya :
"Ya Allah, Wahai Cahayanya Cahaya, dengan wasilah bukit Thur dan Kitab yang ditulis pada lembaran yang terbuka, dan dengan wasilah Baitul Ma’mur, aku meminta kepadaMu agar Engkau memberiku cahaya, yang dengannya aku dapat mencari petunjukMu, dan dengannya aku menunjukkan tentangMu.

Dan yang terus-menerus mengiringiku dalam kehidupanku dan setelah berpindah (ke alam lain; bangkit dari kubur) dari kegelapan liang (kubur) ku. Dan aku meminta padaMu dengan wasilah matahari beserta cahayanya di pagi hari, dan kemuliaan yang wujud pada selain matahari, agar Engkau menjadikan matahari ma’rifat padaMu (yang ada padaku) bersinar menerangi ku, tidak tertutup oleh mendung-mendung keraguan, tidak pula terlintasi gerhana pada rembulan kemaha-esaan dikala purnama.

Tapi jadikanlah padanya selalu bersinar dan selalu tampak, seiring berjalannya hari dan tahun. Dan berikanlah rahmat ta’dzim Wahai Allah kepada junjungan kami Muhammad, sang pamungkas para nabi dan Rasul.

Dan segala Puji hanya milik Allah tuhan penguasa alam. Ya Allah ampunilah kami, kedua Orang tua kami serta kepada saudara-saudara kami seagama seluruhnya, baik yang masih hidup ataupun yang telah meninggal”.

Setelah Doa 1 kemudian dilanjut dengan membaca doa sebagai berikut :
Doa shalat Isyraq 2 :

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟِﻲ، ﻭَﺗُﺐْ ﻋَﻠَﻲَّ، ﺇِﻧَّﻚَ ﺃَﻧْﺖَ ﺍﻟﺘَّﻮَّﺍﺏُ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْﻢِ

“ALLAHUMMAGHFIRLI WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWABUR RAHIIM.”
Artinya :
Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang) sampai beliau membacanya seratus kali"
Bacaan Doa setelah Shalat sunah Isyraq diatas dianjurkan sebagai wirid untuk menunggu tibanya waktu shalat Duha.
Baca :Tata Cara dan Fadilah Shalat Duha
Mengerjakan Shalat sunah Syuruq memiliki keutamaan yaitu mendaptkan pahala seperti pagala mengerjakan Haji dan Umrah.
Demikianlah tata cara ,Niat serta Doa setelah Shalat Isyraq / Syuruq lengkap sesuai tuntunan Nabi Muhammad Saw yang bisa anda amalkan sebagi bentuk kecintaan terhadap Nabi SAW dengan mengikuti segala sunah yang Beliau Ajarkan.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Panduan lengkap Tata Cara Shalat Syuruq (Isyraq) Niat dan Doa Shalat sunah Syuruq"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel