Memahami istilah Tulang Rusuk dan jodoh adalah cerminan diri.

Memahami istilah Tulang Rusuk dan jodoh adalah cerminan diri.
Jodoh adalah salah satu Rahasia Allah Siapapun tidak akan pernah tahu siapa ,dimana dan kapan akan dipertemukan.
Ada yang bilang ,jika jodoh kita adalah cerminan dari diri kita masing masing.
Jodoh juga sering di istilahkan dengan Tulang rusuk, bagi perempuan akan bertanya siapa pemilik tulang rusuku,bagi laki laki akan bertanya dimana tulang rusuku.

Sebenarnya Apa yang dimaksud dengan Istilah "Tulang Rusuk"
Oleh sebagian ulama istilah wanita tercipta dari tulang rusuk laki laki digolongkan perkara ahwalul ghaib yang termasuk dalam ikhwal keimanan, termasuk meyakini asal usul perempuan dari tulang rusuk.
Riwayat seputar perempuan diciptakan dari tulang rusuk  bervariasi.

Ada yang menyebutkan
 ﺧﻠﻘﺖ ﻣﻦ ﺿﻠﻊ
yang berarti tercipta dari tulang rusuk( bermakna lugas), ada riwayat lain menyebutkan
 ﺇﻥّ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻛﺎﻟﻀﻠﻊ
yang artinya perempuan itu bagai tulang rusuk (yang menunjukkan kiasan).

Dalam sebuah Hadits diriwayatkan;

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ، ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ : “ ﺍﻟﻤَﺮْﺃَﺓُ ﻛَﺎﻟﻀِّﻠَﻊِ، ﺇِﻥْ ﺃَﻗَﻤْﺘَﻬَﺎ ﻛَﺴَﺮْﺗَﻬَﺎ، ﻭَﺇِﻥِ ﺍﺳْﺘَﻤْﺘَﻌْﺖَ ﺑِﻬَﺎ ﺍﺳْﺘَﻤْﺘَﻌْﺖَ ﺑِﻬَﺎ ﻭَﻓِﻴﻬَﺎ ﻋِﻮَﺝٌ ”

Artinya:
Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasul bersabda "Wanita itu bagaikan tulang rusuk, bila kamu memaksa untuk meluruskannya, niscaya kamu akan mematahkannya, dan jika kamu bersikap baik, maka kamu dapat berdekatan dengannya, meski padanya terdapat kebengkokan (ketidaksempurnaan).(HR. Bukhari)

Makna kiasan pada hadits diatas menjelaskan hadits tersebut, sehingga dapat dipahami
jika perempuan diciptakan dari sifat-sifat seperti tulang rusuk yang bengkok, dan tidak bisa diluruskan apalagi secara paksa.
Jodoh adalah cerminan diri kita.
Jodoh memang rahasia Tuhan, tapi proses untuk mendapatkannya dibutuhkan ikhtiar dari diri kita sendiri.
Dan terkadang dalam proses Menemukan jodoh kita dihadapkan dalam sebuah plihan yang sulit.

Baca:Shalat Istiharah Cara untuk menentukn pilihan.
Jika ingin mendapat jodoh yang baik, maka jadilah pribadi yang baik dengan terus berusaha memperbaiki diri, karena kualitas pribadi akan menentukan pasangan(Jodoh) yang akan mendampingi Anda.
Terdapat beberapa hadits yang menjelaskan bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk laki-laki.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﻤَﺮْﺃَﺓََ ﺧُﻠِﻘَﺖْ ﻣِﻦْ ﺿِﻠَﻊٍ , ﻟَﻦْ ﺗَﺴْﺘَﻘِﻴْﻢَ ﻟَﻚَ ﻋَﻠَﻰ ﻃَﺮِﻳْﻘَﺔٍ , ﻓَﺈِﻥِ ﺍﺳْﺘَﻤْﺘَﻌْﺖَ ﺑِﻬَﺎ ﺍِﺳْﺘَﻤْﺘَﻌْﺖَ ﺑِﻬَﺎ ﻭَﻓِﻴْﻬَﺎ ﻋِﻮَﺝٌ , ﻭَﺇِﻥْ ﺫَﻫَﺒْﺖَ ﺗُﻘِﻴْﻤُﻬَﺎ ﻛَﺴَﺮْﺗَﻬَﺎ ﻭَﻛَﺴْﺮُﻫَﺎ ﻃَﻼَﻗُﻬَﺎ

Artinya:
Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya maka engkau bisa bernikmat-nikmat dengannya namun padanya ada kebengkokan.
Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya.
Dan pecahnya adalah talaknya. (HR. Muslim)

Nabi bersabda:

ﺍﺳْﺘَﻮْﺻُﻮْﺍ ﺑِﺎﻟﻨِّﺴَﺎﺀِ ﺧَﻴْﺮًﺍ، ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟْﻤَﺮْﺃََﺓَ ﺧُﻠِﻘَﺖْ ﻣِﻦْ ﺿِﻠَﻊٍ … - ﻭَﻓِﻲ ﺭِﻭَﺍﻳَﺔٍ - ﺍﻟْﻤَﺮْﺃَﺓُ ﻛَﺎﻟﻀِّﻠَﻊِ

Artinya:
Berwasiatlah kalian dengan kebaikan kepada para wanita (para istri), karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk. Dalam satu riwayat: "Wanita itu seperti tulang rusuk."
(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam beberapa ayat Al-Quran ada beberapa ayat yang mengisyaratkan bahwa Hawa tercipta dari Nabi Adam ‘alaihissalam .

Allah SWT berfirman:

ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﺍﺗَّﻘُﻮﺍْ ﺭَﺑَّﻜُﻢُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺧَﻠَﻘَﻜُﻢ ﻣِّﻦ ﻧَّﻔْﺲٍ ﻭَﺍﺣِﺪَﺓٍ ﻭَﺧَﻠَﻖَ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺯَﻭْﺟَﻬَﺎ ﻭَﺑَﺚَّ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ ﺭِﺟَﺎﻻً ﻛَﺜِﻴﺮﺍً ﻭَﻧِﺴَﺎﺀ ﻭَﺍﺗَّﻘُﻮﺍْ ﺍﻟﻠّﻪَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺗَﺴَﺎﺀﻟُﻮﻥَ ﺑِﻪِ ﻭَﺍﻷَﺭْﺣَﺎﻡَ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠّﻪَ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺭَﻗِﻴﺒﺎً

Artinya:
Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya ; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.(an-Nisaa:1)


ﻫُﻮَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺧَﻠَﻘَﻜُﻢ ﻣِّﻦ ﻧَّﻔْﺲٍ ﻭَﺍﺣِﺪَﺓٍ ﻭَﺟَﻌَﻞَ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺯَﻭْﺟَﻬَﺎ ﻟِﻴَﺴْﻜُﻦَ ﺇِﻟَﻴْﻬَﺎ ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﺗَﻐَﺸَّﺎﻫَﺎ ﺣَﻤَﻠَﺖْ ﺣَﻤْﻼً ﺧَﻔِﻴﻔﺎً ﻓَﻤَﺮَّﺕْ ﺑِﻪِ ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﺃَﺛْﻘَﻠَﺖ ﺩَّﻋَﻮَﺍ ﺍﻟﻠّﻪَ ﺭَﺑَّﻬُﻤَﺎ ﻟَﺌِﻦْ ﺁﺗَﻴْﺘَﻨَﺎ ﺻَﺎﻟِﺤﺎً ﻟَّﻨَﻜُﻮﻧَﻦَّ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺸَّﺎﻛِﺮِﻱ

Artinya:
Dialah Yang menciptakan kamu dari diri yang satu dan daripadanya Dia menciptakan istrinya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, istrinya itu mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian tatkala dia merasa berat, keduanya (suami istri) bermohon kepada Allah, Tuhannya seraya berkata: "Sesungguhnya jika Engkau memberi kami anak yang sempurna, tentulah kami termasuk orang-orang yang bersyukur". (al-A’raf: 189)

Allah berfirman :

الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِّنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ وَلَا تَأْخُذْكُم بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِينِ اللَّهِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَةٌ مِّنَ الْمُؤْمِنِينَ

Artinya:
Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).(Qs. An-Nur: 2)

Kemudian ditegaskan lag pada Surat An Nur 26 :

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ..

Artinya:
Laki-laki yang tidak baik untuk wanita yang tidak baik sedang laki-laki yang baik untuk wanita yang baik pula(QS: An- Nur:26).

Namun Islam membolehkan seseorang memilih jodohnya berdasarkan kriteria sebagai berikut;

Rasulullah SAW Bersabda :
"Seorang perempuan dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, karena kedudukannya, karena kecantikannya, atau karena agamanya. Pilihlah yang beragama, maka kau akan beruntung."

Namun Kebanyakan ,seorang laki-laki atau perempuan hanya memandang kedudukan, harta dan fisik, akan tetapi sejatinya yang paling penting adalah agamanya.
Karena pondasi utama untuk membangun sebuah rumah tangga adalah dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah.
Karena dengan menikah adalah sebuah upaya untuk menyempurnakan separuh agama.
Maka pilihlah seseorang berdasarkan agamanya.

Untuk seorang laki laki carilah seorang istri yang shalihah, karena sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang shalihah.
Dan Menikah adalah satu - satunya ibadah Abadi jika bisa mempertahankan pernikahan higga akhir hayat.

Sungguh beruntung seorang suami yang mendapatkan perhiasan dunia tersebut, yaitu seorang istri yang shalihah jika dipandang mata menyenangkan, jika diperintah ia mentaatinya, dan menjaga kehormatannya ketika suaminya tidak ada.
Dan seorang laki - laki yang tidak baikpun pasti menginginginkan perempuan yang baik.

Rasulullah SAW bersabda :
"Barangsiapa yang Allah beri rejeki wanita shalihah, maka sungguh Allah telah menolongnya menyempurnakan separuh agamanya, maka takutlah kepada Allah (dalam memenuhi) setengahnya lagi”.
Maka dari itu untuk seorang akhwat carilah seorang suami yang shalih, karena seorang laki-laki yang shalih, jika ia mencintaimu maka ia akan memuliakanmu dan jika ia tidak mencintaimu maka ia tidak akan menzhalimimu.

Walaupun seorang laki-laki ingin mencari wanita yang sempurna, dan wanita pun sama menginginkan laki-laki yang sempurna, akan tetapi Allah menciptakan keduanya untuk saling menyempurnakan satu sama lain.

Baca Juga :8 Manfaat Mencium kening Istri

Dijamin Bahagia jika Suami memiliki 10 sifat ini
Teruslah berupaya memperbaiki diri sendiri, agar Allah memperbaiki pasangan hidup kita.

Jika kita sudah berusaha dan memantaskan diri untuk menjadi lebih baik, maka percayalah Allah akan memberikan yang terbaik.
Wallahu’alam.

0 Response to "Memahami istilah Tulang Rusuk dan jodoh adalah cerminan diri."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel