Bacaan Doa Qunut dan Qunut Nazilah (lengkap)

Bacaan Doa Qunut dan Qunut Nazilah.

Definisi Qunut
Secara bahasa qunut memilik bermacam macam makna, di Antaranya adalah ; Doa, Khusyuk, Ibadah, taat, penghambaan, ibadah, diam, mengerjakan shalat dengan lama, mengabadikan ketaatan. ( syarah az Zarqani 'Al Muwatha)
Menurut Istilah Fiqih :
Qunut di artikan dengan suatu dzikir, yang mengandung pujian dan Doa yang di baca pada waktu tertentu dalam sholat, contoh ; qunut sholat subuh, qunut sholat witir dan qunut Nazilah yang di baca saat Agama Islam atau sekumpulan orang islam (Negara) sedang mengalami cobaan atau musibah seperti to'hun.
Doa qunut adalah doa yang dibaca waktu sholat subuh pada rokaat yang kedua,pada saat i'tidal(berdiri tegak dari ruku).

Yang di dibaca Setelah bacaan :

ربنا لك الحمد ملءالسموات ومل الارضوملءما شت منشيء بعد

Robbana lakalhamdu milusamaawati wamilulardzi wamil umasi'ta min syai''n ba'dz.

Artinya:
Ya alloh ya Tuhan kami,,bagimu segala puji sepenuh langit dan bumi,dan sepenuh apapun yang Kau kehendaki sesudahnya.

Pengertian Qunut.

Secara etimologi kata Qunut berasal dari Bahasa Arab yang memiliki beberapa makna, diantaranya berdiri lama, diam, selalu taat, tunduk, doa dan khusyuk. Sedangkan secara istilah Qunut adalah doa yang dibaca seorang muslim saat Sholat.

Hukum membaca Doa qunut :

membaca  doa qunut sholat subuh Hukumnya adalah  sunnah Muakaddah.
Sabda Nabi SAW :
Dari Sahabat Malik bin Anas R.A.
Sesungguhnya Nabi SAW membaca qunut selama satu bulan penuh untuk mendoakan orang-orang, kemudian beliau meninggalkannya, Adapun di waktu subuh beliau tidak pernah meninggalkan qunut sampai beliau meninggal dunia.
(HR.Imam Bayhaqi dan Darqutuni).

Terdapat tiga perbedaan tentang hukum membaca kunut yakni:

Pendapat pertama: Kunut subuh disunnahkan dibaca secara terus-menerus. Ulama yang berpendapat demikian adalah Malik, Ibnu Abi Laila, Al-Hasan bin Sholih dan Imam Syafi’iy.

Pendapat kedua: Kunut subuh tidak disyariatkan karena sudah mansukh atau terhapus hukumnya. Ulama yang berpendapat demikian adalah Abu Hanifah, Sufyan Ats-Tsaury dan lain-lainnya dari ulama Kufah

Pendapat ketiga: Membaca kunut pada Sholat subuh tidaklah disyariatkan kecuali membaca kunut nazilah maka boleh membaca kunut nazilah dalam Sholat subuh dan Sholat lainnya. Ulama yang berpendapat demikian adalah Imam Ahmad, Al-Laits bin Sa’d, Yahya bin Yahya Al-Laitsy.

Terdapat dua macam Qunut, yang ditinjau dari bacaannya, yaitu:

1. Kunut Subuh
Kunut yang dibaca dalam Sholat subuh pada i’tidal rakaat akhir.

2. Kunut Nazilah
Kunut yang dibaca selain pada Sholat subuh namun bisa juga dibaca pada Sholat subuh, makna dari doa kunut nazilah lebih kepada meminta perlindungan dari mara bahaya.

Bacaan Qunut dibaca setelah membaca doa i'tidzal kemudian menengadahkan telapak tangan dan membaca Doa Qunut dan Qunut Nazilah sebagai berikut:

Doa Qunut subuh :

اللهم اهدنى فيمن هديت وعافنى فيمن عا فيت  وتولني فيمن توا ليت وبارك لى فيما اعطيت  وقننى برحمتك سرما قضيت فاناك تقضولا يقض عليك وانه لايذلمنوليت ولا يعزمن عا ديت تبا ركت ربنا وتعاليت فلك الحمد على ما قضيت اشتغفرك واتو ب الىك وصلى الله على سيدينامحمد ن النبي الامي وعلى اله وصحبه وسلم

Allohummahdini fiman hadait
Wa'finii fuman 'afaiit
Watawalanii fiman tawalaiit
Wabariklii fimaa a'thoit
Waqinii biirohmatika syaroma qodloit
Fainna kataqdzi wala yuqdlo 'alaik
Wa innahu layadzil lumawwalaiit
Walla ya'izuman 'adzaiit
Tabarokta robbana watawalaiit
Falakal hamdu 'alamal qodzoit
Astagfiruka wa atubuu ilaik
Washolallohu 'ala sayidina Muhammadiniabiyil umiyyi
Wa'ala alihi washohbihi wasalim.

Artinya:
Ya alloh berilah kami petunjuk seperti Orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk,
Berilah aku kesehatan seperti Orang-orangg yang telah Engkau beri kesehatan
Pimpinlah kami bersama Orang-orang yang telah Engkau pimpin
Berilah berkah pada segala apa yang Kau berikan
Peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan
Karena sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan)atas Engkau
Sesungguhnya tidaklah akan hina Orang -orang yang telah Kau beri kekuasaan
Dan tidaklah akan mulia Orang-orang yang Engkau musuhi
Maha berkah dan Maha Luhur Engkau 
Aku mohon ampun dan kembali ( taubat ) kepada Engkau
Semoga Alloh memberi rahmat berkah dan salam Atas Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat -sahabatnya.

Doa Qunut Nazilah

Doa qunut Nazilah adalah pelengkap dari bacaan doa qunut, Qunut Nazilah mempunyai keutamaan dapat menangkal segala bala dan coba (mara bahaya).
Pada Kondisi Dunia yang sepertinya gaduh akan segala cobaan, seperti bencana Alam yang sering terjadi, adanya wabah virus (thohun) yang sampai saat ini masih masih melanda dunia, Umat Islam di Anjurkan untuk membaca Doa qunut Nazillah, sebagai bentuk usaha, memohon pada Allah SWT agar segala bencana di hindarkan, dan adanya pandemi covid segera Selesai.

Seperti Anjuran MUI lewat surat edaranya Agar menambahkan bacaan doa qunut Nazilah, di setiap sholat Subuh dan sholat Jumaat.

Bagi Anda yang belum Hafal bacaan doa qunut Nazilah, Berikut bacaan Doa qunut Nazilahh lengkap arab, latin dan Artinya, yang bisa Anda Hafalkan :

Bacaan Doa qunut Nazilah lengkap :


ﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻋَﺬِّﺏْ ﺍﻟْﻜَﻔَﺮَﺓَ ﻭَﺍﻟْﻤُﺸْﺮِﻛِﻴﻦَ ﺃَﻋْﺪَﺍﺀَ ﺍﻟﺪِّﻳﻦِ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻳَﺼُﺪُّﻭﻥَ ﻋَﻦْ ﺳَﺒِﻴﻠِﻚ ﻭَﻳُﻜَﺬِّﺑُﻮﻥَ ﺭُﺳُﻠَﻚ ﻭَﻳُﻘَﺎﺗِﻠُﻮﻥَ ﺃَﻭْﻟِﻴَﺎﺀَﻙ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟِﻠْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﻭَﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴﻦَ ﻭَﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤَﺎﺕِ ﺍﻟْﺄَﺣْﻴَﺎﺀِ ﻣِﻨْﻬُﻢْ ﻭَﺍﻟْﺄَﻣْﻮَﺍﺕِ ﺇﻧَّﻚ ﻗَﺮِﻳﺐٌ ﻣُﺠِﻴﺐُ ﺍﻟﺪَّﻋَﻮَﺍﺕِ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﺻْﻠِﺢْ ﺫَﺍﺕَ ﺑَﻴْﻨِﻬِﻢْ ﻭَﺃَﻟِّﻒْ ﺑَﻴْﻦَ ﻗُﻠُﻮﺑِﻬِﻢْ ﻭَﺍﺟْﻌَﻞْ ﻓِﻲ ﻗُﻠُﻮﺑِﻬِﻢْ ﺍﻟْﺈِﻳﻤَﺎﻥَ ﻭَﺍﻟْﺤِﻜْﻤَﺔَ ﻭَﺛَﺒِّﺘْﻬُﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﻣِﻠَّﺔِ ﻧَﺒِﻴِّﻚ ﻭَﺭَﺳُﻮﻟِﻚ ﻭَﺃَﻭْﺯِﻋْﻬُﻢْ ﺃَﻥْ ﻳُﻮﻓُﻮﺍ ﺑِﻌَﻬْﺪِﻙ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻋَﺎﻫَﺪْﺗﻬﻢْ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺍﻧْﺼُﺮْﻫُﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﻋَﺪُﻭِّﻫِﻢْ ﻭَﻋَﺪُﻭِّﻙ ﺇﻟَﻪَ ﺍﻟْﺤَﻖِّ ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻨَﺎ ﻣِﻨْﻬُﻢْ ﻭَﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ

Doa qunut Nazilah latin :
Allohumma adzzibil kafarata wal musyrikin,a'da'ad dinilladzina yashudduna 'an sabilik,wa yukadzzibuna rusulaka wa yuqatiluna auliya'ak.
Allohummaghfir lil mu'minina wal mu’minat,wal muslimina wal muslimat,al-ahya’i minhum wal amwat,innaka qaribun mujibudda'awat
Allohumma ashlih dzata bainihim,wa allif baina qulubihim,waj'al fii qulubihimul imana wal hikmah,wa tsabbithum ala dinika wa rasulik,wa auzi'hum an yufu bi'ahdikalladzi 'ahadtahum alaih, wanshurhum ala 'aduwwihim wa 'aduwwika ilahal haq, waj'alna minhum,wa shollallohu ala sayyidina muhammadin wa ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Arti doa qunut Nazilah :
Tuhan kami,jatuhkan azab-Mu kepada orang-orang kafir dan musyrik,(mereka) musuh-musuh agama yang berupaya menghalangi orang lain dari jalan-Mu,mereka yang mendustakan rasul-Mu,dan mereka yang memusuhi kekasih-kekasih-Mu.
Ya Allah, ampunilah hamba-hamba-Mu yang beriman laki-laki dan perempuan, kaum muslimin dan muslimat, baik yang hidup maupun yang sudah wafat.

Sungguh, Engkau maha dekat dan pendengar segala munajat.
Tuhanku,damaikan pertikaian di antara kaum muslimin,bulatkan hati mereka,masukkan kekuatan iman dan hikmah di qalbu mereka,tetapkan mereka di jalan nabi dan rasul-Mu,ilhami mereka untuk memenuhi perjanjian yang telah Kauikat dengan mereka, bantulah mereka mengatasi musuh mereka dan seteru-Mu. Wahai Tuhan hak,masukkanlah kami ke dalam golongan mereka itu.
Semoga shalawat dan salam Allah tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW,keluarga,dan para sahabatnya.

Demikian tadi Bacaan Doa Qunut dan Qunut nazilah lengkap beserta tulisan arab,latin dan artinya,semoga dapat membantu dalam menghafal dan dapat bermanfaat bagi semua.
Dan semoga segala macam cobaan yang berbentuk bencana Alam ataupun Wabah dapat segera di Angkat dan di hilangkan oleh Allah SWT.
Aamin ya robbal ' alamiin.

0 Response to "Bacaan Doa Qunut dan Qunut Nazilah (lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel