DOA UNTUK KEDUA ORANG TUA LENGKAP

Doa untuk kedua Orang Tua lengkap

Salah satu Cara berbakti terhadap kedua Orang Tua adalah dengan selalu mendoakan nya, dengan doa - doa yang sudah diajarkan sedari kita kecil
Orang tua kita yaitu Ayah dan ibu adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita.
mereka yang merawat kita sejak baru lahir hingga tumbuh dewasa, tanpa mereka belum tentu kita bisa seperti sekarang.

Merekalah yang memberikan cinta, kasih dan sayang yang murni kepada kita,mereka yang dengan sabar membimbing kita,mngajari kita, mereka jugalah yang dengan penuh keihlasan berkorban untuk kita, kita hanya bisa membalas jasa jasa beliau ,dengan lantunan Doa - doa terbaik untuk kedua orang tua kita.

Ajaran Islam Tentang Doa Untuk Orang Tua

Islam mengajarkan kepada setiap anak untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua ( Birrul walidain).

Berbakti kepada kedua orang tua artinya tidak menyakiti hati orang tua dan senantiasa mematuhi perintahnya. Untuk membuat orang tua menjadi bahagia, anak harus berbakti kepada keduanya.
Allah berfirman Allah :

ﻭَ ﻗَﻀٰﯽ ﺭَﺑُّﮏَ ﺍَﻟَّﺎ ﺗَﻌۡﺒُﺪُﻭۡۤﺍ ﺍِﻟَّﺎۤ ﺍِﯾَّﺎﮦُ ﻭَ ﺑِﺎﻟۡﻮَﺍﻟِﺪَﯾۡﻦِ ﺍِﺣۡﺴَﺎﻧًﺎ ؕ ﺍِﻣَّﺎ ﯾَﺒۡﻠُﻐَﻦَّ ﻋِﻨۡﺪَﮎَ ﺍﻟۡﮑِﺒَﺮَ ﺍَﺣَﺪُﮨُﻤَﺎۤ ﺍَﻭۡ ﮐِﻠٰﮩُﻤَﺎ ﻓَﻠَﺎ ﺗَﻘُﻞۡ ﻟَّﮩُﻤَﺎۤ ﺍُﻑٍّ ﻭَّ ﻟَﺎ ﺗَﻨۡﮩَﺮۡﮨُﻤَﺎ ﻭَ ﻗُﻞۡ ﻟَّﮩُﻤَﺎ ﻗَﻮۡﻟًﺎ ﮐَﺮِﯾۡﻤًﺎ

Artinya :
"Dan Allah telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Allah dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak.
Jika salah satu di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah sekali-kali kamu mengatakan kepada orang tuamu perkataan
"uf"dan janganlah kamu membentaknya, dan ucapkanlah kepada kedua orang tuamu perkataan yang sopan." ( QS : Al Isra :23).

Bahkan kita tidak akan mampu untuk membalas jasa jasa orang tua kita.
dalam sebuah hadit di terangkan :

ﻟَﺎ ﻳَﺠْﺰِﻱ ﻭَﻟَﺪٌ ﻭَﺍﻟِﺪًﺍ، ﺇِﻟَّﺎ ﺃَﻥْ ﻳَﺠِﺪَﻩُ ﻣَﻤْﻠُﻮﻛًﺎ ﻓَﻴَﺸْﺘَﺮِﻳَﻪُ ﻓَﻴُﻌْﺘِﻘَﻪُ
Artinya :
"Seorang anak tidak akan mampu membalas orang tua kecuali ia menemukan orang tuanya jadi budak lalu ia membelinya kemudian memerdekakan." (HR Muslim)
Maka janganlah sesekali membuat marah atau kecewa,kedua orang tua kita, karena keridhaan Allah SWT tergantung pada keridhaan orang tua, dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua.

ﺭِﺿَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ ﻓِﻰ ﺭِﺿَﻰ ﺍﻟْﻮَﺍﻟِﺪَﻳْﻦِ ﻭَﺳُﺨْﻂُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻓِﻰ ﺳُﺨْﻂِ ﺍﻟْﻮَﺍﻟِﺪَﻳْﻦِ

Artinya:
"Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua"  (H.R Tabrani)

Pada Hadist diatas dijelaskan bahwa Allah akan meridhai atau memurkai kita menurut keridhaan atau kemurkaan orangtua.
kewajiban kita sebagai seorang anak kepada Orang Tua kita hanyalah menghormati, menyayangi dan mencintai mereka.
Semua yang bisa kita berikan tak akan mampu membalas semua jasa-jasa dan kasih sayang mereka.

Hanya dengan mendoakan merekalah hal  terbaik yang bisa kita lakukan.
kepada mereka yang masih ada maupun yang sudah tidak ada (meninggal dunia).
Sehingga kita akan tergolong sebagai anak yang berbakti terhadap orang tua.
Bacaan doa untuk kedua orang tua lengkap dengan latin dan terjemahnya adalah sebagai berikut;

Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua:

ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْﻟِﻲْ ﻭَﻟِﻮَﺍﻟِﺪَﻱَّ ﻭَﺍﺭْﺣَﻤْﻬُﻤَﺎﻛَﻤَﺎﺭَﺑَّﻴَﺎﻧِﻲْ ﺻَﻐِﻴْﺮَﺍ

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa.
Artinya:
"Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil".

Untuk Doa memohon ampunan untuk kedua orang tua beserta latin dan artinya adalah sebagai berikut;

Doa untuk kedua Orang Tua lengkap

Mendoakan kedua orang tua, wajib hukumnya bagi setiap anak, saat orang tau masih hidup ataupun setelah meninggal.
Doa Mohon Ampunan Dosa Untuk Kedua Orang Tua:


ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْﻟِﻰْ ﺫُﻧُﻮْﺑِﻰْ ﻭَﻟِﻮَﺍﻟِﺪَﻯَّ ﻭَﺍﺭْﺣَﻤْﻬُﻤَﺎ ﻛَﻤَﺎ ﺭَﺑَّﻴَﺎﻧِﻰْ ﺻَﻐِﻴْﺮًﺍ . ﻭَﻟِﺠَﻤِﻴْﻊِ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴْﻦَ ﻭَﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴْﻦَ ﻭَﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨَﺎﺕِ ، ﺍَﻟْﺎَﺣْﻴَﺂﺀِ ﻣِﻨْﻬُﻢْ ﻭَﺍْﻻَﻣْﻮَﺍﺕِ ، ﻭَﺗَﺎﺑِﻊْ ﺑَﻴْﻨَﻨَﺎ ﻭَﺑَﻴْﻨَﻬُﻢْ ﺑِﺎﻟْﺨَﻴْﺮَﺍﺕِ ، ﺭَﺏِّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻭَﺍﺭْﺣَﻢْ ﻭَﺍَﻧْﺖَ ﺧَﻴْﺮُﺍﻟﺮَّﺍﺣِﻤِﻴْﻦَ ، ﻭَﻻَﺣَﻮْﻝَ ﻭَﻻَﻗُﻮَّﺓَ ﺍِﻻَّﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﺍﻟْﻌَﻠِﻲِّ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢِ


Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi.

Artinya :
"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan.

Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

Adalah salah satu kewajiban kita sebagai Anak ,agar selalu berbakti terhadap kedua orang tua, semasa hidup hingga Orang tua kita telah tiada, dengan cara selalu mendoakan mereka.

Bagaimana cara mendoakan orang tua kita yang sudah meninggal?

Mendoakan kedua Orang tua yang sudah meninggal juga salah satu wujud dari birrul walidai, karena doa anak sholeh untuk orang tua akan di mustajabah Allah SWT.

Maka Berdoalah memohon pengampunan untuk kedua orang tua kita, agar ditempatkan di tempat terbaik, yaitu syurga Allah SWT.
Dengan cara mendoaka  kedua orang tua yang telah wafat.
Berikut cara mendoaka  orang tua tang sudah meninggal :

Diawali dengan membaca tahlil
Bacaan dan tata cara tahlil lengkap.
kemudian baca doa khusus untuk kedua orang tua yang telah meninggal.

Berikut ini doa permohonan ampunan yang diajukan untuk umat Islam secara umum dan khususnya kepada kedua orang tua, guru, dan mereka yang memiliki hak tertentu atas diri kita.

Doa Untuk kedua Orang Tua yang telah meninggal :

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟِﻠْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴْﻦَ ﻭَﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴْﻦَ ﻭَﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨَﺎﺕِ ﺍﻷَﺣْﻴَﺎﺀِ ﻣِﻨْﻬُﻢْ ﻭَﺍﻷَﻣْﻮَﺍﺕِ ﻣِﻦْ ﻣَﺸَﺎﺭِﻕِ ﺍﻟْﺎَﺭْﺽِ ﺇِﻟَﻰ ﻣَﻐَﺎﺭِﺑِﻬَﺎ ﺑَﺮِّﻫَﺎ ﻭَﺑَﺤْﺮِﻫَﺎ، ﺧُﺼُﻮْﺻًﺎ ﺇِﻟَﻰ ﺁﺑَﺎﺀِﻧَﺎ ﻭَﺍُﻣَّﻬَﺎﺗِﻨَﺎ ﻭَﺃَﺟْﺪَﺍﺩِﻧَﺎ ﻭَﺟَﺪَّﺍﺗِﻨَﺎ ﻭَﺃَﺳَﺎﺗِﺬَﺗِﻨَﺎ ﻭَﻣُﻌَﻠِّﻤِﻴْﻨَﺎ ﻭَﻟِﻤَﻦْ ﺃَﺣْﺴَﻦَ ﺇِﻟَﻴْﻨَﺎ ﻭَﻟِﺄَﺻْﺤَﺎﺏِ ﺍﻟﺤُﻘُﻮْﻕِ ﻋَﻠَﻴْﻨَﺎ

Allahummaghfir lil muslimina wal muslimat, wal mukminina wal mukminat, al-ahya'i minhum wal amwat, min masyariqil ardhi ila magharibiha, barriha wa bahriha, khushushan ila aba'ina, wa ummahatina, wa ajdadina, wa jaddarina, wa asatidzatina, wa mu'allimina, wa li man ahsana ilaina, wa li ashhabil huquqi 'alayna.

Artinya :
"Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami."

Berikut ini adalah lanjutan doa untuk orang tua ,kerabat dan saudara yang dapat dibaca sebagai permohonan rahmat, ampunan, dan syafaat bagi mereka yang bersyahadat untuk umum.

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟَﻬُﻢْ ﻭَﺍﺭْﺣَﻤْﻬُﻢْ ﻭَﻋَﺎﻓِﻬِﻢْ ﻭَﺍﻋْﻒُ ﻋَﻨْﻬُﻢْ . ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍَﻧْﺰِﻝِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﺔَ ﻭَﺍﻟْﻤَﻐْﻔِﺮَﺓَ ﻭَﺍﻟﺸَّﻔَﺎﻋَﺔَ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﻘُﺒُﻮْﺭِ ﻣِﻦْ ﺃَﻫْﻞِ ﻟَﺎﺍﻟَﻪَ ﺍِﻟَّﺎ ﺍﻟﻠﻪُ ﻣُﺤَﻤَّﺪٌ ﺭَّﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ .
ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﺁﺗِﻨَﺎ ﻓِﻰ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﺣَﺴَﻨَﺔً، ﻭَﻓِﻰ ﺍﻟْﺂﺧِﺮَﺓِ ﺣَﺴَﻨَﺔً، ﻭَﻗِﻨَﺎ ﻋَﺬَﺍﺏَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ، ﺳًﺒْﺤَﺎﻥَ ﺭَﺑَّﻚَ ﺭَﺏِّ ﺍﻟْﻌِﺰَّﺓِ ﻋَﻤَّﺎ ﻳَﺼِﻔُﻮْﻥَ، ﻭَﺳَﻠَﺎﻡٌ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤُﺮْﺳَﻠِﻴْﻦَ، ﻭَﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺍَﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠﻪِ ﺭَﺏِّ ﺍﻟْﻌَﻠَﻤِﻴْﻦَ . ﺍَﻟْﻔَﺎﺗِﺤَﺔْ

Allahummaghfir lahum, warhamhum, wa 'afihim, wa'fu 'anhum. Allāhumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafa'ata 'ala ahlil quburi min ahli la ilaha illallahu Muhammadun rasulullah.
Rabbana atina fid dunia hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina 'adzaban nar. Subhana rabbika rabbil 'izzati 'an ma yashifuna, wa salamun 'alal mursalina, wa shallallahu 'ala sayyidina Muhammadin, wa 'ala alihi, wa shahbihi, wa sallama, wal hamdulillahi rabbil 'alamin. Al-Fatihah.

Artinya :
"Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka.
Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa'at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.
Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat.
Lindungi kami dari siksa api neraka.
Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan.
Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul.
Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. 

Doa Untuk Orang Tua Ketika Sakit

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺭَﺏَّ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺍَﺫْﻫِﺐِ ﺍﻟْﺒَﺎْﺱَ ﻭَﺍﺷْﻔِﻪُ ﻭﺍﻧْﺖَ ﺍﻟﺸَّﺎﻓِﻰ ﻻَ ﺷِﻔَﺎﺀَ ﺍِﻻَّ ﺷِﻔَﺎﺅُﻙَ ﺷِﻔَﺎﺀً ﻻَ ﻳُﻐَﺎﺩِﺭُ ﺳَﻘَﻤًﺎ

Bacaan Doa Kedua Orang Tua yang Sakit Latin :
“Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syfaauka, Syifaan Laa Yughaadiru Saqaama.”

Arti Bacaan Doa Kedua Orang Tua yang Sakit
“Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Doa Kedua Orang Tua Yang Sedang Sakit Parah :

Semakin tua usia orang tua kita, maka semakin banyak kelemahan, kekurangan dan penyakit yang dialaminya. Ada kalanya orang tua mengalami sakit yang parah sehingga membuat Anda merasakan kesedihan yang mendalam.

Anda dianjurkan untuk memanjatkan doa agar diberi kesehatan orang tua kepada Allah. Hal ini agar orang tua yang sedang sakit dapat segera sembuh.

Mintalah kepada Allah untuk menyembuhkannya. Berikut bacaan doa untuk orang tua yang sakit parah .

Bacaan Doa Kedua Orang Tua Yang Sedang Sakit :

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍَﺣْﻴِﻨِﻲ ﻣَﺎﻛَﺎ ﻧَﺖِ ﺍﻟْﺤَﻴَﺎﺓُ ﺧَﻴْﺮً ﺍﻟِّﻰ ﻭَﺗَﻮَ ﻓَّﻨِﻰ ﻣَﺎﻛَﺎ ﻧَﺖْ ﺍﻟﻮَ ﻓَﺎﺓُ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻟِﻰ

“Allahumma Ahyini Maa Kaa Natil Khayatu Khairalli, Watawaf Fanni Adza Kaanat Wafaatu khiralli.”
Arti Bacaan Doa Kedua Orang Tua Yang Sedang Sakit Parah

“Ya Allah, Sembuhkanlah penyakitnya jka itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya.”

Di atas adalah Doa Untuk kedua Orang tua / ibu bapak lengkap  bacaan doa untuk kedua orang tua dan doa memohon ampunan untuk kedua orang tua.

sebagai anak kita juga wajib berbakti kepada kedua Orang tua kita.

Adapun hal-hal yang perlu kita lakukan dalam berbakti kepada orang tua (Ayah dan Ibu) berikut 8 Hal atau cara berbakti terhadap orang tua.

Cara Berbakti terhadap kedua orang Tua :

1. Hormat dan sopanlah terhadap mereka.

2. Mematuhi semua perintah keduanya(dalam kebaikan)

3. Jangan sesekali  berkata kasar kepada mereka atau mnghardik.

4.Mengikuti nasihat keduanya adalah juga kewajiban kita.

5. Berusaha untuk selalu membantu pekerjaan mereka.

6. Selalu berbuat baik adalah cara untuk mnjaga nama baik dan kehormatan orang tua kita.

7.Ketika umur Orang Tua kita sudah renta adalah kwajiban kita untuk menjaga dan melindungi mereka.

8.Selalu berbakti terhadap kedua Orang tua (birrul walidain)

Yang harus kita lakukan ketika Kedua Orang Tua kita sudah Meninggal adalah:

1. Selalu berusaha untuk melaksanakan nasihat kedua Orang Tua kita.

2.Selalu menjaga nama baik martabat kedua orang tua kita

3. Selalu Mendoakan mereka agar diampuni dosanya dan dilapangkan kuburnya oleh Allah Swt.

4. Jangan lupa menyempatkan Waktu untuk Berziarah ke Makam

Demikianlah  bacaan doa untuk kedua orang tua kita yaitu ibu dan Ayah.
Begitu banyak cara kita utuk berbakti kepada mereka, salah satunya dengan kita mendoakan kedua orang tua kita dengan Doa Untuk kedua orang tua lengkap .

Semoga Allah SWT selalu melindungi, mengasihi dan menyayangi mereka, dan apabila mereka sudah tidak bersama kita lagi atau sudah meninggal dunia semoga Allah SWT,mengampuni segala dosa-dosa kedua Orang Tua kita dan semoga di tempatkan dalam tempat terbaik yaitu syurga Allh SWT.
Aamiin ya robbal`alaamiin..

0 Response to "DOA UNTUK KEDUA ORANG TUA LENGKAP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel